Lahan Pangan di Sikka NTT Terbakar, Partai Perindo: Bantu Warga, Percepat Penanganan!

Rabu, 13 September 2023 - 20:54 WIB
loading...
Lahan Pangan di Sikka NTT Terbakar, Partai Perindo: Bantu Warga, Percepat Penanganan!
Juru Bicara Nasional Partai Perindo, Yerry Tawalujan. Foto/Dok.
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Nasional Partai Perindo, Yerry Tawalujan meminta pemerintah cepat bergerak membantu warga yang terdampak kebakaran lahan di Desa Rokilole, Kecamatan Palue, Kabupaten Sikka, NTT, Selasa (12/9/2023).



"Karena kebakaran lahan itu menghanguskan persediaan pangan warga. Dari data yang kami terima, ada 45 unit lumbung pangan, 14 ton kacang hijau, 15 ton jagung, 5.000 pohon mente, 1.000 pohon kelapa, dan 500 pohon kakao yang ikut ludes terbakar," ujar Yerry kepada wartawan, Rabu (13/9/2023).



Yerry yang juga merupakan Bacaleg Partai Perindo untuk DPR Dapil Sulawesi Utara tersebut, meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Kementerian Sosial untuk segera turun membantu padamkan kebakaran, serta memberikan bantuan yang diperlukan.



"BNPB dan Tim Basarnas perlu segera turun memadamkan kebakaran, agar tidak meluas. Lalu Kementrian Sosial, memberikan bantuan untuk warga yang terdampak bencana kebakaran," pinta Yerry.

Sedangkan untuk bantuan jangka panjang, Yerry meminta pihak Kementerian Pertanian untuk membantu warga dengan penyediaan bibit tanaman pangan. "Kementerian Pertanian diharapkan dapat membantu memberikan bibit pangan, dan bantuan modal tanam untuk warga. Supaya pasca-kebakaran nanti lahan dapat ditanami kembali, walaupun tentu perlu beberapa waktu setelah kebakaran," jelas.



Yerry mengingatkan bahwa musim kemarau panjang seperti ini sangat rawan kebakaran. Apalagi di NTT yang beberapa daerahnya memang tandus. "Kami berharap masyarakat khususnya yang bermukim di wilayah kering agar makin berhati-hati. Kemarau panjang seperti sekarang rentan kebakaran," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1003 seconds (0.1#10.140)