Jaga dan Rawat Keberagaman, TNI AD Gelar Program Binkom Cegah Konflik Sosial di Merauke

Selasa, 12 September 2023 - 08:02 WIB
loading...
Jaga dan Rawat Keberagaman, TNI AD Gelar Program Binkom Cegah Konflik Sosial di Merauke
Waas Intel KSAD Bid. Jemen Intel Kolonel Inf. Totok Sutriono menjadi narasumber Binkom Cegah Konflik Sosial di Merauke, Papua Selatan. Foto/Ist
A A A
MERAUKE - TNI Angkatan Darat (AD) menggelar Pembinaan Komunikasi (Binkom) Cegah Konflik Sosial di Merauke, Papua Selatan. Kegiatan tersebut untuk menjaga keberagaman dan merawat kebersamaan di tanah Papua.

Dialog interaktif cegah konflik sosial di Merauke, Papua Selatan ini merupakan program Sintelad. Kegiatan ini digelar di Aula Anim Ha Kodim 1707/Merauke pada Senin (11/9/2023).



Adapun sejumlah narasumber yang hadir yakni, Waas Intel KSAD Bid. Jemen Intel sekaligus Pamen Denma Mabesad yang telah selesai mengikuti Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXIII TA.2022 Lemhannas Kolonel Inf. Totok Sutriono. Kehadiran Kolonel Inf. Totol Sutriono merupakan tindak lanjut dari arahan Asintel KSAD Mayjen TNI Arief Jaka Tandang.

Sedangkan dari Pemerintah Daerah (Pemda) yaitu Ka Kesbangpol Kabupaten Merauke Ramadayanto. Dialog interaktif itu juga diikuti 300 peserta dari Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan mahasiswa serta organisasi masyarakat.

Kegiatan dialog yang mengambil tema “Peran Seluruh Komponen Masyarakat dalam Mencegah Konflik Sosial” itu dinilai sangat penting di era globalisasi informasi dan teknologi saat ini.

Sebab di era teknologi informasi ini menuntut masyarakat untuk mengetahui secara aktual tentang perkembangan situasi global, regional, dan nasional sehingga sangat rentan dengan isu-isu negatif yang berupaya untuk memecah belah bangsa lndonesia.



Adanya kegiatan Binkom ini diharapkan mampu mengingatkan kembali seluruh komponen bangsa agar bahu membahu dalam menjaga stabilitas keamanan di daerahnya masing-masing.

Selain itu, dialog interaktif tentang pemantapan nilai-nilai Wawasan Kebangsaan kepada komponen masyarakat ini juga diharapkan dapat mewujudkan kesadaran tentang bagaimana cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan Tanah Air-nya sebagai negara yang mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)