1,5 Hektare Lahan Sultan Ground Seloharjo Ludes Dilalap si Jago Merah

Senin, 11 September 2023 - 08:16 WIB
loading...
1,5 Hektare Lahan Sultan...
Lahan Sultan Ground Dusun Gowak, Kalurahan Seloharjo, Kapanewon Pundong, Bantul, Yogyakarta seluas 1,5 hektare terbakar, Minggu (10/9/2023) malam. Foto/Erfan Erlin/MPI
A A A
BANTUL - Lahan Sultan Ground Dusun Gowak, Kalurahan Seloharjo, Kapanewon Pundong, Bantul, Yogyakarta seluas 1,5 hektare mengalami kebakaran hebat, pada Minggu (10/9/2023) malam. Peristiwa ini sempat menghebohkan warga karena api cepat membesar dan mendekati pemukiman serta kandang milik penduduk.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry mengatakan kebakaran tersebut pertama kali terlihat sekitar pukul 19.30 WIB. Saat itu Deny (29) warga Dusun Geger, Kelurahan Seloharjo, Kapanewon Pundong, Kabupaten Bantul melintas di dekat lahan yang terbakar tersebut.

Saat melintas di jalan wilayah dusun dukuh arah Dusun Geger sekitar pukul 19.30 WIB itulah Deni melihat percikan api. Dia kemudian melaporkan apa yang dilihatnya tersebut kepada dukuh setempat yang selanjutnya melaporkan kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Polsek pundong.

"Selanjutnya Polsek Pundong berkoordinasi dengan Damkar BPBD Kabupaten Bantul," terang dia.



Warga juga terlihat mulai berusaha memadamkan api dengan cara manual agar tidak mendekat ke pemukiman. Namun upaya warga memadamkan api tidak efektif karena peralatan yang mereka miliki sangat minim ditambah hembusan angin yang kencang.

Setelah itu, beberapa unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan pemadaman. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk menjinakkan api sehingga berhasil dipadamkan.

"Lahan yang terbakar sekitar 1,5 hektare tidak ada korban jiwa ataupun harta benda," ungkapnya.

Usai kejadian, Bhabinkamtibmas langsung memberi bimbingan dan penyuluhan (Binluh) kepada warga untuk penanggulangan bahaya kebakaran.

"Dan tindak lanjut kejadian kebakaran ini diserahkan ke petugas damkar BPBD Kabupaten Bantul," pungkasnya.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)