Pati Diguyur Hujan, Puluhan Rumah di Dua Desa Terendam Banjir

Jum'at, 14 April 2017 - 14:47 WIB
Pati Diguyur Hujan, Puluhan Rumah di Dua Desa Terendam Banjir
Pati Diguyur Hujan, Puluhan Rumah di Dua Desa Terendam Banjir
A A A
PATI - Diguyur hujan lebat selama dua jam pada Jumat (14/4/2017) pagi, puluhan rumah di dua desa di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terendam banjir. Banjir yang datang secara tiba-tiba saat warga tertidur, sempat membuat panik dan tak sempat menyelamatan harta bendanya.

Dua desa yang terendam, yakni Desa Muktiharjo, Kecamatan Margorejo dan Desa Tamansari, Kecamatan Tlogowungu. Ketinggian air yang merendam permukiman warga sekitar antara 50 hingga 80 centimeter.

“Sebelumnya, turun hujan lebat sekitar pukul 12.00 malam. Saya tahu banjir sudah masuk ke rumah sekitar pukul 2.00 WIB. Pas bangun tidur, ternyata rumah sudah kayak laut,” ungkap Didik Dono, warga Desa Muktiharjo.

Diduga, banjir yang merendam permukiman warga tersebut, akibat Sungai Sani yang melintasi di dua desa, tidak mampu menampung debit air kiriman dari wilayah pengunungan muria. Terlebih, kondisi sungai yang mengalami pendangkalan sejak lama, tak segera mendapat penanganan dari pemerintah.

“Setiap hujan deras pasti banjir. Soalnya sungai Sani ini sudah mengalami pendangkalan. Berulang kali kami laporan ke desa, tapi tidak ada tindak lanjutnya,” tambah Didik.

Saat banjir menerjang, warga berupaya memasang tanggul seadanya di depan rumah serta membuang air dengan alat seadanya. “Pakai papan dan batu bata di depan rumah untuk menanggulangi air biar tidak masuk rumah,” katanya.

Selain merendam pemukiman, banjir juga merendam jalan penghubung Pati-Tlogowungu sehingga membuat lalu lintas tersendat. Jalan yang tertutup air membuat kendaraan harus berjalan pelan. Bahkan sejumlah kendaraan yang nekat menerobos, mogok di tengah banjir.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4772 seconds (0.1#10.140)