Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Sangihe Sulut

Sabtu, 09 September 2023 - 07:07 WIB
loading...
Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Sangihe Sulut
Gempa bumi dengan Magnitudo (M) 4,7 terjadi di wilayah Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Foto/SINDOnews
A A A
SANGIHE - Gempa bumi dengan Magnitudo (M) 4,7 terjadi di wilayah Kepulauan Sangihe , Sulawesi Utara pada Sabtu, (9/9/2023) pukul 6:50:2 WITA.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.27 Lintang Utara dan 126.4 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi 43 km Barat Laut Melonguane-Sulut pada kedalaman 82 km.

Kepala Stasiun Geofisika Manado Tony Agus Wijaya mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Sangihe.



”Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kepulauan Sangihe dengan intensitas II-III MMI. Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi tersebut," tutur Tony, Sabtu (9/9/2023).

Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). ”Sampai sekarang belum ada laporan kerusakan gedung. Hanya sebatas dirasakan saja,” ujar Tony.

Kepada masyarakat di wilayah Kepulauan Sangihe dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4697 seconds (0.1#10.140)