Terombang-ambing di Samudera Hindia, 5 ABK Kapal KM Alviano Dievakuasi

Rabu, 06 September 2023 - 09:41 WIB
loading...
Terombang-ambing di Samudera Hindia, 5 ABK Kapal KM Alviano Dievakuasi
Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi lima orang anak buah kapal (ABK) Kapal KM Alviano yang terombang-ambing di Samudera Hindia, Selasa (5/9/2023). Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasil ima orang anak buah kapal (ABK) Kapal KM Alviano, Selasa (5/9/2023). Kapal tersebut sebelumnya sempat terombang-ambing di Perairan Nusa Kambangan, Samudera Hindia setelah mesin kapal tersebut mati.

Penyelamatan terhadap ABK setelah Kantor SAR Bandung menerima informasi dari Basarnas Command Center (BCC) bahwa telah terjadi kecelakaan kapal, KM Alviano mati mesin di Perairan Nusakambangan, Samudera Hindia. Berdasarkan SAR Map Prediction bahwa sebaran kemungkinan kapal terombang-ambing yaitu ke Perairan Pangandaran.

Menerima informasi tersebut Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril memerintahkan Petugas Siaga Komunikasi untuk secara intens melaksanakan koordinasi dan pemapelan dengan Lanal Bandung, Pos AL Pangandaran dan HNSI Kabupaten Pangandaran.

"Tim Rescue dari Unit Siaga SAR Pangandaran dan kapal milik SAR Barakuda juga telah standby manakala dibutuhkan untuk pelaksanaan operasi SAR. Selain itu Kantor SAR Bandung juga secara intens berkomunikasi dengan Kantor SAR Cilacap yang menggerakkan RIB 05 Cilacap dan pemilik Kapal KM Alviano," katanya.



Sejak pagi tadi pukul 08.50 WIB Kantor SAR Cilacap menggerakkan RIB 05 Cilacap bersama satu Tim Rescue menuju lokasi kejadian untuk melaksanakan pencarian dan evakuasi terhadap ABK KM Alviano.

Sekitar pukul 11.25 WIB RIB 05 Kansar Cilacap menemukan KM Alviano dengan kondisi 9 ABK selamat. Selanjutnya Tim Rescue Kantor SAR Cilacap melaksanakan evakuasi terhadap 5 Anak Buah Kapal karena 4 orang lainnya enggan untuk dievakuasi dan memilih untuk menunggu pemilik kapal mengirim kapal penarik.

Adapun ABK yang dievakuasi atas nama Fardhan, Supriyanto, Supriyanto, Tino dan Muhamad Raksanjani. Sedangkan ABK yang masih menunggu di kapal atas nama Hasan Alkahtiri, Adi, Muhammali R dan Denni Donal, selanjutnya ABK yang dievakuasi dibawa ke Pelabuhan Sleko, Cilacap.

Saat ini RIB 05 Cilacap yang membawa ABK masih dalam perjalanan menuju Pelabuhan Sleko, Cilacap.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)