Tingkatkan Perekonomian, Nelayan Ganjar Ajak Warga Kembangkan UMKM

Rabu, 06 September 2023 - 08:02 WIB
loading...
Tingkatkan Perekonomian, Nelayan Ganjar Ajak Warga Kembangkan UMKM
KNP Lampung mengadakan penyuluhan cara budi daya dan pemanfaatan kerang hijau untuk menjadi produk UMKM di Pantai Kerang Hijau, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (5/9/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
LAMPUNG SELATAN - Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Lampung mengadakan penyuluhan cara budi daya dan pemanfaatan kerang hijau untuk menjadi produk UMKM yang bernilai jual tinggi. Kegiatan ini sebagai upaya relawan pendukung Ganjar Pranowo terus memberikan manfaat bagi nelayan dan masyarakat pesisir.

"Kami melakukan edukasi tentang kerang hijau kepada masyarakat untuk mendongkrak UMKM yang ada di sini melalui komoditas kerang hijau," kata Korwil KNP Lampung Miftahul Lutvi di Pantai Kerang Hijau di Kelurahan Legundi, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (5/9/2023).

Relawan menggandeng salah satu pelaku UMKM kerang hijau di Lampung untuk mengedukasi para warga berbagai cara pengolahan kerang hijau.

KNP Lampung mendorong agar para nelayan tidak sekadar menjual kerang hijau mentah, melainkan harus diolah menjadi berbagai produk kuliner. "Karena kerang hijau ini juga bisa dijadikan produk-produk. Contohnya seperti cemilan-cemilan kering yang bisa meningkatkan nilai jualnya," ujarnya.

Lewat penyuluhan ini, Miftahul berharap bisa mendongkrak sektor UMKM produk kerang hijau sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir. Dalam kegiatan tersebut pula, para relawan juga memberikan bantuan keranjang ikan untuk mendukung proses budi daya kerang yang dilakukan warga.

"Meningkatkan kesadaran warga di sini juga betapa pentingnya memanfaatkan sumber daya (alam) yang ada, sehingga bisa memanfaatkan itu dengan baik, dan mengelola dengan baik untuk membantu masyarakat di sini," lanjutnya.

Kegiatan KNP Lampung ini terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo. Menurut Miftahul, Ganjar kerap memberikan bantuan dan berbagai program yang membantu para nelayan di Jateng. "Bapak Ganjar sangat peduli terhadap nelayan," tuturnya.

Dalam kegiatan di Pantai Kerang Hijau ini, para relawan turut menyosialisasikan figur Ganjar Pranowo kepada warga. Relawan berharap Ganjar bisa semakin dikenal masyarakat pesisir Lampung Selatan.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)