Tersesat di Tengah Hutan Sekotong, 3 Wisatawan Ditemukan dalam Kondisi Lemas

Senin, 04 September 2023 - 14:21 WIB
loading...
Tersesat di Tengah Hutan Sekotong, 3 Wisatawan Ditemukan dalam Kondisi Lemas
Tim SAR saat mengevakuasi salah seorang wisatawan lokal yang tersesat di hutan kawasan Sekotong Lombok Barat Senin dini hari (4/9/2023). Foto/Edy Gustan
A A A
LOMBOK BARAT - Tiga wisatawan lokal yakni Suartha Putra (25), Sahrun (38), dan Budi (28) tersesat di hutan Sekotong, Lombok Barat . Ketiganya hendak menuju Pantai Terune Semalem di kawasan Blongas, Lombok Barat.

Kepala Kantor SAR Mataram Lalu Wahyu Efendi menjelaskan pihaknya menerima laporan dari Suartha pada Minggu malam (3/9/2023). Dalam laporannya, Suartha mengaku tersesat lebih kurang lima jam di dalam hutan tersebut.

"Kami segera terjunkan tim rescue untuk pencarian dan evakuasi, juga menghindari kondisi lebih parah, seperti hipotermia,” ujar Lalu Wahyu Efendi di Mataram Senin (4/9/2023).

Dalam proses pencarian itu, tim SAR melibatkan unsur dari TNI, Polri, Pokdarwis Sekotong, warga setempat, dan potensi SAR wilayah Lombok Barat. Pencarian berlangsung hingga pukul 01.30 WITA dini hari.



Alhasil, tim SAR gabungan menemukan mereka di dalam hutan. Tepatnya berjarak sekitar 4 kilometer dari Kantor Desa Persiapan Belongas, Sekotong, Lombok Barat.

Kondisi para korban saat ditemukan dalam keadaan lemas dan mengalami dehidrasi berat akibat kehabisan perbekalan.

“Kami temukan korban masih di dalam hutan, pukul 01.30 WITA,” kata Wahyu.

Setelah diberikan pertolongan pertama, selanjutnya ketiga korban dievakuasi ke Desa Belongas. Tiba di tujuan pukul 03.15 WITA, langsung diserahkan ke pihak keluarga untuk perawatan lebih lanjut.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0899 seconds (0.1#10.140)