Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemprov Sulbar Terima Penghargaan Indonesia Awards 2023

Jum'at, 01 September 2023 - 10:42 WIB
loading...
Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemprov Sulbar Terima Penghargaan Indonesia Awards 2023
Pj Gubernur Sulawesi Barat, Zudan Arif Fakrulloh terima penghargaan di Indonesia Awards 2023. (Foto: iNews Media Group)
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) menerima penghargaan Indonesia Awards (IA) 2023 kategori Excellent Awards for Strategic Initiative. Pj Gubernur Sulawesi Barat, Zudan Arif Fakrulloh, menerima langsung penghargaan di iNews Tower, Jakarta Pusat, Kamis (31/8/2023).

Ditemui usai acara, Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan rasa bangganya terhadap pencapaian yang diraihnya untuk Pemprov Sulbar. Ia juga mengatakan, penghargaan tersebut ditujukan untuk semua pihak yang telah berkontribusi dalam mewujudkan inovasi-inovasi untuk pelayanan publik yang lebih baik.

“Penghargaan ini untuk seluruh ASN di Sulawesi Barat dan seluruh masyarakat Sulbar yang sudah berkontribusi dalam mewujudkan inovasi-inovasi di Pemprov Sulbar,” katanya saat menerima penghargaan.

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemprov Sulbar Terima Penghargaan Indonesia Awards 2023

Keempat dari kiri, Pj Gubernur Sulawesi Barat, Zudan Arif Fakrulloh (mengenakan jas) menerima langsung penghargaan Indonesia Awards 2023 di iNews Tower, Jakarta. (Foto: iNews Media Group)

Prestasi ini tidak terlepas dari programnya yang menerapkan sistem digital untuk mempercepat dan meningkatkan pelayanan kepada publik. Dalam pemaparannya, Kepala Bidang IKP Kominfo Pers Dian Afrianty yang mewakili Pj Gubernur Sulbar mengatakan, Pemprov Sulbar telah memberlakukan pelayanan pemerintahan dengan sistem digital.

Dengan sistem digitalisasi tersebut, kata dia, telah diberlakukan sistem tanda tangan elektronik (TTE) bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di lingkup Pemprov Sulbar. Ia menyampaikan bahwa para ASN tidak lagi menggunakan tanda tangan manual sebagai langkah untuk mewujudkan reformasi birokrasi di Sulbar.

“Salah satu program yang berjalan saat ini yaitu Digitalisasi Tata Kelola Pemerintahan Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Di mana Prof Zudan melakukan transformasi digital dengan mewajibkan seluruh OPD atau ASN menerapkan tanda tangan elektronik,” kata Dian dalam sesi penjurian Indonesia Award 2023.

Dian mengatakan, sebanyak 37 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sulbar yang sudah mau menerapkan tanda tangan elektronik hanya dalam 10 hari setelah pencanangan. Dimulai sejak 14 Mei lalu, para ASN berlatih menerapkan TTE di semua naskah dinas terutama surat menyurat internal maupun eksternal.

Proses ini berhasil memodernisasi tata kelola kerja para ASN dengan memanfaatkan teknologi tanda tangan elektronik yang dilengkapi dengan QR Code.

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemprov Sulbar Terima Penghargaan Indonesia Awards 2023

Proses tanda tangan elektronik di Pemprov Sulbar. (Foto: Situs Pemprov Sulbar)

"Hanya dalam 10 hari kerja para ASN Pemprov Subar bergerak dengan menggunakan tanda tangan elektronik, mulai dari tanggal 14 Mei para ASN berlatih menerapkan TTE. Semua Naskah dinas terutama surat menyurat internal maupun eksternal," ujarnya.

Program tersebut mengcover 8 program, yakni penanganan masalah 4+1 seperti kemiskinan extrem, stunting, kawin muda, inflasi, peningkatan kualitas SDM & pelayanan publik, branding dan marketing Provinsi Sulawesi Barat, percepatan satu data Sulbar menuju satu data Indonesia, reformasi birokrasi dan berdampak langsung kepada masyarakat, penguatan infrastruktur dan Konektivitas daerah, serta perkuat mitigasi.

Melalui program ini, lanjut Dian, maka seluruh pelayanan kepada masyarakat dapat diproses lebih cepat dan mudah. Dengan demikian, tidak ada lagi alasan keterlambatan pelayanan publik karena pejabat sedang berada di luar daerah, menghadiri rapat, atau bahkan tidak berada di kantor. Semua surat dinas dapat diproses secara efisien dan efektif melalui metode digital ini.

Selain itu, kehadiran teknologi ini juga dapat membawa manfaat dalam hal penghematan biaya operasional, sebab tidak lagi diperlukan penggunaan kertas dalam jumlah besar serta pengiriman fisik melalui kurir atau pos.

Sebagai informasi, Indonesia Awards merupakan program yang diselenggarakan oleh iNews Media Group yang memberikan ruang bagi kepada lembaga pemerintah, pemerintah daerah, dan korporasi lainnya yang memiliki prestasi di berbagai bidang dalam kemajuan nasional.

Pada ajang IA 2023 bertema ‘Beyond the Limit' kali ini juga, menjadi malam puncak launching iNews Media Group yang merupakan bagian dari MNC Group. iNews Media Group terdiri dari iNews Group, Sindo News Group, IDX Channel Group, Okezone Group, Celebrities Group, dan Sportstars Group.

Malam penghargaan Indonesia Awards 2023 dan peluncuran iNews Media Group digelar pada Kamis (31/8/2023), pukul 20.00 WIB dan disiarkan secara langsung di iNews TV, dan streaming melalui Vision+ dan RCTI+.

Acara ini juga dimeriahkan oleh Armand Maulana, Via Vallen, Salma Idol, Aldi Taher, Darak Badarak dan Cassidy Lee, serta dipandu oleh Cak Lontong, Robby Purba, dan Sere Kalina.

Dalam sambutannya, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, mengatakan bahwa iNews Media Group memiliki potensi besar untuk menjadi mitra yang berharga bagi masyarakat Indonesia dalam menyajikan berita. Melalui penyajian berita dalam berbagai bentuk, iNews Media Group diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan iNews Media Group bisa menjadi pendamping yang baik untuk masyarakat Indonesia dalam menyajikan news, dalam berbagai bentuk," katanya saat memberikan sambutan pada malam penganugerahan Indonesia Awards 2023 dan Launching iNews Media Group.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual meresmikan launching iNews Media Group sekaligus mengucapkan selamat kepada para penghargaan Indonesia Awards 2023. Presiden juga berharap, iNews Media Group dapat hadir memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.

"Selamat atas peluncuran iNews Media Group, media pemberitaan multiplatform: tv, portal berita online, radio, media sosial yang hadir untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Saya mengucapkan selamat kepada penerima Indonesia Awards 2023," kata Presiden Jokowi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, Managing Director dan CFO iNews Media Group Rafael Utomo, Direktur Pemberitaan MNC Group Prabu Revolusi, Direktur Sales dan Marketing iNews Media Group Esmal Diansyah, Direktur Programming iNews, Programming Production and Content Acquisition Director at MNC Vision Networks Endang Mayawati serta Ganjar Pranowo.

Tidak hanya itu, acara juga dihadiri sejumlah Menteri RI di antaranya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir , Menteri Kemenparekraf/Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)