Indonesia Awards 2023 Dihelat, Kabupaten Polewali Mandar Sabet Penghargaan lewat Aplikasi Me'guru Manarang

Jum'at, 01 September 2023 - 19:14 WIB
loading...
Indonesia Awards 2023 Dihelat, Kabupaten Polewali Mandar Sabet Penghargaan lewat Aplikasi Meguru Manarang
Ketiga dari kiri, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar, Andi Masri Masdar saat menerima penghargaan Indonesia Awards. (Foto: iNews Media Group/Rievta Ikhwan)
A A A
JAKARTA - Melalui inovasinya Aplikasi Me’guru Manarang, Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Awards 2023 kategori Excellent Awards for Strategic Initiative. Penghargaan ini diterima langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar, Andi Masri Masdar di iNews Tower, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Dalam kesempatan itu, Kadis Andi Masri Masdar pun turut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pengembangan Aplikasi Me’guru Manarang. Andi berharap, inovasinya ini dapat dimanfaatkan dengan baik serta bisa menginspirasi semua dunia pendidikan di Indonesia.

“Kami berharap, semoga inovasi di Polewali Mandar betul-betul bisa bermanfaat bagi kami dan akan terus mengembangkan kebutuhan-kebutuhan pendidikan. Dan kami berharap semoga aplikasi ini bisa menginspirasi semua dunia pendidikan di Indonesia,” ujarnya saat ditemui awak media.
Indonesia Awards 2023 Dihelat, Kabupaten Polewali Mandar Sabet Penghargaan lewat Aplikasi Me'guru Manarang

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar, Andi Masri Masdar saat ditemui awak media di malam penganugerahan Indonesia Awards 2023. (Foto: iNews Media Group)

Aplikasi Me’guru Manarang atau Smart School merupakan suatu terobosan dari upaya Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar untuk terus memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan metode tersebut, sekolah-sekolah di Kabupaten Polewali Mandar dapat mengelola proses pembelajaran secara lebih terarah dan terukur.

“Inovasi ini dirancang untuk memodernisasi dan meningkatkan efisiensi operasional sekolah, berkontribusi pada pengalaman belajar yang lebih interaktif dan efektif bagi siswa, guru, orang tua, dan manajemen sekolah yang telah di bangun di masa pandemi Covid-19,” ujar Andi saat proses penjurian Indonesia Awards 2023.

Lebih lanjut, Andi menuturkan, keberhasilan program Me’guru Manarang ini tidak hanya terlihat dari peningkatan kualitas pembelajaran, tetapi juga dari efisiensi pengelolaan pendidikan secara keseluruhan. Aplikasi ini memungkinkan pemantauan yang lebih akurat dan real time terhadap pengembangan pendidikan di setiap sekolah.

Selain itu, Me’guru Manarang juga dapat digunakan untuk pembelajaran dengan siswa, kolaborasi guru dalam satu sekolah, maupun antar guru mata pelajaran dalam satu kota/kabupaten. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk diskusi seperti pada jejaring sosial, menyajikan materi pembelajaran seperti sebuah perpustakaan, dan menyediakan fitur-fitur untuk evaluasi, seperti penugasan, kuis, dan sebagainya.

Aplikasi ini diciptakan agar para siswa bisa belajar dari mana saja, baik secara online maupun offline. Adapun sejumlah layanan yang tersedia dalam Aplikasi Me’guru Manarang, antara lain medical record, smart news, smart library, smart character, smart event, learning resource, smart passion, smart diary, smart game, dan virtual experience.
Indonesia Awards 2023 Dihelat, Kabupaten Polewali Mandar Sabet Penghargaan lewat Aplikasi Me'guru Manarang

Tampilan halaman utama Aplikasi Me’guru Manarang atau Smart School atau Me’guru Manarang. (Foto: Dinas Pendidikan Polewali Mandar)

Andi juga menjelaskan bahwa aplikasi yang dirancang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Polewali Mandar tersebut sesuai dan sejalan dengan prinsip untuk menjawab kebutuhan peserta didik, guru, dan juga kepala sekolah yang berfokus pada transformasi teknologi dan pendidikan.

Selanjutnya, Andi menambahkan bahwa inovasi dari aplikasi tersebut juga merupakan upaya untuk mengatasi tantangan dan pengawasan terhadap data guru, kinerja guru dan tenaga kependidikan. Selain itu, aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk mengawasi aktivitas peserta didik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)