Pemberdayaan Milenial, Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Membuat Belacan

Kamis, 31 Agustus 2023 - 21:38 WIB
loading...
Pemberdayaan Milenial, Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Membuat Belacan
Relawan Srikandi Ganjar mengadakan pelatihan membuat belacan atau terasi bersama para perempuan milenial di Dusun V, Desa Sei Apung, Kecamatan Tanjung Balai, Kabupaten Asahan, Kamis (31/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
ASAHAN - Relawan Srikandi Ganjar mengadakan pelatihan membuat belacan atau terasi bersama para perempuan milenial di Kabupaten Asahan. Kegiatan itu diikuti puluhan perempuan milenial.

“Kami dari Srikandi Ganjar Sumut berkunjung ke Asahan dalam melaksanakan kegiatan Girls Class: Belajar Membuat Belacan,” kata Korwil Srikandi Ganjar Sumut Firda Annisa Sirait di Dusun V, Desa Sei Apung, Kecamatan Tanjung Balai, Kabupaten Asahan, Kamis (31/8/2023).

Firda menuturkan belacan merupakan bumbu tradisional khas Indonesia yang sudah ada dari zaman kerajaan yang berkaitan dengan sejarah berdirinya Kota Cirebon. “Terasi terbuat dari udang maupun ikan-ikan kecil. Terasi memiliki bau yang khas dan sudah terkenal se-Asia Tenggara,” ujarnya.

Pelatihan untuk menambah skill bagi para perempuan di Sei Apung. “Ini juga mengingatkan mereka bahwa terasi bisa menjadi penggerak ekonomi bagi mereka yang ingin berwirausaha,” lanjutnya.

Apalagi Tanjung Balai merupakan daerah pesisir yang masyarakatnya merupakan nelayan. Sehingga usaha belacan ini merupakan prospek yang sangat menguntungkan karena minim biaya transportasi dan bisa mendapatkan bahan baku dengan harga lebih murah.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini lebih banyak lagi perempuan milenial yang mau berwirausaha dan dapat memanfaatkan potensi dari daerahnya serta bisa mengembangkan daerah mereka menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.

Annisa mengatakan pelatihan ini juga sejalan dengan program kerjanya Ganjar Pranowo yang selalu mendukung para UMKM. “Pada kegiatan ini kami juga tak lupa memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagi calon presiden 2024 dan kami mengharapkan dukungan penuh dari mereka (milenial),” terangnya.

Salah satu peserta Ramanda mengaku, senang bisa ikut pelatihan dari Srikandi Ganjar. Dia pun mengaku senang dengan sosok Ganjar yang dikenal dekat denhan rakyat. “Karena Indonesia khususnya perempuan milenial butuh sosok pemimpin seperti Pak Ganjar yang selalu mendukung para perempuan,” katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1843 seconds (0.1#10.140)