Hadir di Seminar Internasional UIN Malang, TGB Paparkan Pentingnya Keseimbangan dan Ekonomi Hijau

Kamis, 31 Agustus 2023 - 19:15 WIB
loading...
Hadir di Seminar Internasional UIN Malang, TGB Paparkan Pentingnya Keseimbangan dan Ekonomi Hijau
Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo, TGB Muhammad Zainul Majdi saat menjadi pembicara di seminar internasional di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Ketua Harian DPP Partai Perindo, Dr. TGB Muhammad Zainul Majdi Lc. MA., hadir di Universitas Islam Negeri (UIN) Maluana Malik Ibrahim Malang, Kamis (31/8/2023). Komisioner Independen Bank Syariah Indonesia (BSI) ini, menjadi pembicara dalam seminar internasional ekonomi dan bisnis islam.



Pria yang akrab disapa TGB tersebut, memaparkan bagaimana konsep ekonomi hijau berbasis pandangan islam, di tengah isu-isu kerusakan lingkungan dan alam. Menurut TGB, ada tiga konsep ekonomi hijau yang saling terkait yakni ramah lingkungan, ramah sosial, dan ramah sumber daya.



Bahkan berkaca pada kitab suci umat islam, menurutnya ada yang namanya kata 'mizan', yang berarti keseimbangan atau keadilan. Faktor inilah yang disebut TGB lebih dahulu ada sebelum alam semesta seisinya, termasuk manusia diciptakan Tuhan.



"Sebelum manusia dihadirkan oleh Allah, dihadirkan mengenai mizan. Pentingnya mizan setiap pemangku ekonomi, sosial, politik, yang bertentangan dengan mizan maka ujungnya kebinasaan," ucap TGB.

Maka dari seminar internasional yang bertema "Green Finance, Economics, And Business: Current Issues And Future Challenge", para akademisi dari perguruan tinggi dituntut punya tanggung jawab untuk menyosialisasikan dan membekali para pemangku kepentingan, masyarakat, hingga pelaku-pelaku ekonomi agar ekonomi hijau ini bisa benar-benar tercermin dalam rumusan kebijakan.

"Kita wajib memberikan konsep, hal-hal yang harus dipedomani, sehingga ekonomi Hijau itu bisa menjadi konsep pembangunan Indonesia," ujar pria yang pernah menjadi sebagai Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) selama dua periode ini.

Hadir di Seminar Internasional UIN Malang, TGB Paparkan Pentingnya Keseimbangan dan Ekonomi Hijau
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3302 seconds (0.1#10.140)