Tinjau SMKN Jateng, Presiden Jokowi Puji Ganjar Pranowo Bikin Sekolah Gratis

Rabu, 30 Agustus 2023 - 10:34 WIB
loading...
Tinjau SMKN Jateng, Presiden Jokowi Puji Ganjar Pranowo Bikin Sekolah Gratis
Presiden Jokowi didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyampaikan keterangan kepada wartawan di SMKN Jateng di Semarang. Foto/MPI/Eka Setiawan
A A A
SEMARANG - Presiden Joko Widodo memuji inisiatif yang dilakukan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang membuat SMKN Jateng. Siswa-siswanya dari keluarga tidak mampu, biaya pendidikan gratis hingga lulusannya ke berbagai industri untuk penyerapan kerja.

Hal itu diungkapkan Jokowi sesaat setelah mengunjungi SMK N Jateng di Semarang, Jalan. Brotojoyo, Kelurahan Plombokan, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Rabu (30/8/2023).

“Saya kira ini sebuah inisiatif yang cukup bagus dari Pak Gubernur Jawa Tengah, dulunya ini BLK (Balai Latihan Kerja) digeser menjadi SMK dan khusus untuk keluarga-keluarga yang tidak mampu,” kata Jokowi didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.



Jokowi mengatakan segala biaya yang dikeluarkan di SMK N Jateng ditanggung Pemerintah Provinsi Jateng. “Mulai dari seragam, sepatu dan lain-lainnya, juga makan karena ini boarding school,” lanjutnya.

Tinjau SMKN Jateng, Presiden Jokowi Puji Ganjar Pranowo Bikin Sekolah Gratis


Jokowi juga memuji sarana dan prasarana terutama mesin-mesin di SMK N Jateng di Semarang itu yang sudah lengkap. Mulai dari mesin dasar hingga CNC. Selain itu juga ada kursus Bahasa Jepang yang nantinya bisa mendapatkan beasiswa di Jepang.

“Ini juga bagus menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kemiskinan. Saya kira baik,” sambung Jokowi.



Dia akan memerintahkan Menteri Pendidikan Kebudayaan untuk datang ke SMKN Jateng di Semarang untuk melakukan evaluasi.

“Kemudian diperluas ke provinsi yang lain, untuk keluarga yang tidak mampu. Menurut saya bisa. Mendikbud biar ke SMK di Semarang ini (SMKN Jateng di Semarang). Saya melihat bagus,” tandasnya.

Jokowi datang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi sekira pukul 07.48 WIB. Ganjar dan istri Atikoh Ganjar juga turut mendampingi. Sekolah ini digagas Ganjar Pranowo untuk menjadi sekolah boarding dan gratis untuk keluarga tidak mampu sejak 2014 silam.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2895 seconds (0.1#10.140)