Survei Litbang Kompas Elektabilitas sebagai Cawapres Tembus 8,4 Persen, Ini Respons Ridwan Kamil

Kamis, 24 Agustus 2023 - 08:43 WIB
loading...
Survei Litbang Kompas Elektabilitas sebagai Cawapres Tembus 8,4 Persen, Ini Respons Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan kunjungan di Desa Tersana, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Foto/MPI/Abdul Rohman
A A A
CIREBON - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menanggapi hasil survei Litbang Kompas yang menyebut dirinya menduduki posisi puncak dalam hal elektabilitas sebagai calon wakil presiden (Cawapres).

Respons Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil disampaikan saat melakukan kunjungan kerja di Desa Tersana, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon. Dia mengakui, hasil survei yang diraihnya bukan satu-satunya faktor penentu Cawapres.



"Perjodohan politik itu tidak selalu sepenuhnya gimana survei, "kata Emil usai meresmikan Tapal Desa 'Leuit' Program Pemprov tersebut, Selasa (22/08/2023).



Meski demikian, ia tak menampik bahwa survei Kompas selalu menampilkan dirinya berada di urutan pertama cawapres. Hanya saja, politikus Golkar itu masih menunggu arahan dari partai dan menjadi sikapnya sampai hari ini.

"Saya mengikuti dinamika dan arahan dari partai, tentu itu menjadi sementara sikap sampai hari ini. Jika Golkar mendukung pun jangan berandai-andai, "katanya.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, masuk dalam tiga besar elektabilitas tertinggi sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2024. Hal itu berdasarkan survei Litbang Kompas pada 27 Juli-7 Agustus 2023.


Selain Ridwan Kamil, juga ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri BUMN, Erick Thohir. Angka ketiganya tak berbeda jauh. Ridwan Kamil memimpin peta elektabilitas dengan angka 8,4 persen.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)