Fasilitasi Pecinta Burung, Pena Mas Ganjar Resmikan Gantangan di Tegal

Senin, 21 Agustus 2023 - 13:02 WIB
loading...
Fasilitasi Pecinta Burung, Pena Mas Ganjar Resmikan Gantangan di Tegal
Relawan Pena Mas Bersama Ganjar meresmikan gantangan untuk para pecinta burung di Desa Karangjati, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, Minggu (20/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TEGAL - Relawan Pena Mas Bersama Ganjar meresmikan gantangan untuk para pecinta burung di Kabupaten Tegal. Gantangan merupakan tiang tempat sangkar burung untuk digantung, guna melatih burung dan melombakan kicau burung, serta merupakan fasilitas yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat.

"Hari ini kami hadir di Tegal untuk melaksanakan sebuah kegiatan bersama Komunitas Pecinta Perkutut Tarub Pangkah (Pertapa), dua kecamatan di Kabupaten Tegak yang luar biasa guyub, rukun, gayeng menghadirkan gantangan baru," kata Koordinator Pusat Pena Mas Ganjar Reza Abdurrokhman di Desa Karangjati, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, Minggu (20/8/2023).

Pendirian Gantangan Pertapa sengaja dilakukan di Tegal lantaran banyaknya komunitas pecinta burung di Kota Bahari itu. Gantangan Pertapa yang dibuat Pena Mas Ganjar dapat mewadahi sekaligus menyatukan seluruh komunitas pecinta burung yang ada di Tegal.

"Kami mendukung penuh, kami memberikan support secara maksimal kepada komunitas ini untuk lebih bersemangat dalam proses gantangan atau biasanya lomba burung perkutut," ujarnya.

Tujuan Pena Mas Ganjar membuat gantangan selain sebagai bentuk mendukung kearifan lokal, juga untuk menunjukkan bahwa perkutut adalah burung yang masih dianggap masyarakat Jawa sebagai burung kebudayaan. Hal itu pun masih dijaga masyarakat, termasuk seluruh komunitas Pertapa dan pecinta perkutut lainnya di Tegal.

Melalui Gantangan Pertapa, Pena Mas Ganjar turut serta menyosialisasikan figur Ganjar Pranowo sebagai pemimpin yang mencintai kebudayaan Nusantara, khususnya kebudayaan Jawa. "Harapannya Komunitas Pertapa dan komunitas lain terus eksis dan bisa bersama-sama mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden Indonesia," lanjutnya.

Salah satu Ketua Pelaksana Pertapa Gito bersyukur dan berterima kasih kepada organ relawan pendukung Ganjar Pranowo itu. Kini komunitas pecinta burung dapat melatih dan melombakan burung kesayangan di Gantangan Pertapa. "Kami sangat berterima kasih, luar biasa Pena Mas Ganjar," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2865 seconds (0.1#10.140)