Akses Tol KM 149 Gedebage Dibuka, Begini Respons Plh Wali Kota Bandung

Minggu, 20 Agustus 2023 - 11:40 WIB
loading...
Akses Tol KM 149 Gedebage Dibuka, Begini Respons Plh Wali Kota Bandung
Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola Ruas Tol Padaleunyi membuka akses masuk dan keluar Km 149 Gedebage, Bandung. Foto/Dok.PUPR
A A A
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meminta akses ke kawasan Gedebage Selatan diperluas seiring dibukanya akses tol Km 149 Gedebage. Perluasan akses ini diharapakan tidak memindahkan kemacetan di Bandung Selatan.

Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna menyambut baik pembukaan Akses Tol Gedebage KM 149. Namun, ia lebih menyoroti terkait dengan optimalisasi jalur Gedebage Selatan. Menurutnya, jalur Gedebage Selatan belum menyambung ke Jalan Soekarno Hatta, dikhawatirkan akan menimbulkan kemacetan.

"Kalau sekarang sudah dibuka, kita harus kerja keras supaya tidak terjadi arus pemindahan kemacetan. Sebab menurut saya Gedebage Selatan itu belum ideal kalau untuk menampung volume kendaraan yang banyak," katanya.

Pembangunan jalur Gedebage Selatan memang merupakan ranah Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Untuk itu lanjut Ema pihaknya berharap jalur tersebut segera dibangun dan diselesaikan.


">

"Saya pikir kita tinggal optimalkan dulu yang ke Gedebage Selatan karena belum tersambung dengan Jalan Soekarno Hatta. Itu yang sebetulnya menjadi harapan saya untuk segera diselesaikan," ungkap Ema.

"Kami juga pernah bersurat untuk segera ditindaklanjuti. Namun, di sana memang ada ranah kewenangan provinsi. Ada lahan yang memang harus dibebaskan," tambahnya.

Sebelumnya, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola Ruas Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) kembali membuka akses masuk dan keluar Km 149 Gedebage, mulai 19 Agustus 2023 pukul 07.00 - 17.00 WIB.

Hal ini menindaklanjuti Surat dari Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, perihal Fungsional Lanjutan Akses Km 149 Jalan Tol Padalarang-Cileunyi.



"Pembukaan akses Tol Km 149 ini diberlakukan khusus untuk pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 non bus yang menuju Gedebage atau destinasi lain di sekitarnya," dikutip dari Instagram resmi JMT @jasamargametropolitan Sabtu, 19 Agustus 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2136 seconds (0.1#10.140)