Kiai Muda Ganjar Latih Warga Membuat Berbagai Produk dari Bambu

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 16:38 WIB
loading...
Kiai Muda Ganjar Latih Warga Membuat Berbagai Produk dari Bambu
Relawan Kiai Muda Jatim dukung Ganjar Pranowo mengadakan pelatihan pemanfaatan bambu untuk berbagai produk yang berdaya guna untuk masyarakat di Kabupaten Magetan, Sabtu (19/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MAGETAN - Relawan Kiai Muda Jatim dukung Ganjar Pranowo mengadakan pelatihan pemanfaatan bambu untuk berbagai produk yang berdaya guna untuk masyarakat. Pelatihan ini bekerja sama dengan Majelis Taklim Ar Rahmad Kabupaten Magetan.

Wakil Ketua Kiai Muda Jatim Wajihuddin mengatakan, pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat dalam mengolah bambu menjadi berbagai produk. ”Mulai dari tempat sampah, rak sepatu, alat ikan, sapu, hingga peralatan dapur," kata Wajihuddin di lokasi kegiatan, Desa Tegalarum, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan, Sabtu (19/8/2023).

Salah satu produk yang dijelaskan dalam pelatihan ini adalah cara membuat tempat sampah. Selain itu, bambu juga memiliki potensi yang melimpah untuk berbagai produk lainnya.

Produk-produk seperti rak sepatu, alat ikan, dan peralatan dapur dapat dihasilkan dari bambu dengan kreativitas dan keterampilan yang tepat.

"Di Magetan sini, bambu sangat melimpah. Dari bambu banyak sekali manfaat selain dari dibuat alat penunjang kebersihan, seperti alat-alat dapur, wadah-wadah, rak piring. Sifat bambu yang fleksibel jadi bisa dibentuk sedemikian rupa," jelasnya.

Dengan pelatihan ini masyarakat diharapkan dapat lebih memanfaatkan bambu menjadi produk bernilai ekonomi tinggi. "Selain digunakan untuk kebutuhan pribadi, produk dari bambu juga memiliki nilai ekonomis tinggi. Sebab, harga bahan baku yang murah sehingga produk-produknya juga bisa dijual dengan harga terjangkau, sehingga membantu masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah," tegasnya.

Dalam kesempatan yang berharga ini, relawan dan para peserta juga berdoa Ganjar Pranowo menjadi Presiden Indonesia 2024. Antusiasme peserta pelatihan terlihat dari partisipasi aktif dalam sesi-sesi pelatihan. Mereka belajar membuat berbagai produk yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya Adi. Dia menyambut baik inisiatif ini dan menganggapnya sebagai peluang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengolah bambu.

"Tadi membuat cikrak, tempat sampah, buat wadah ikan, dan lain-lain. Pelatihan ini sangat bermanfaat dan dapat dikembangkan untuk skala usaha," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)