3 Hektare Hutan Kayu Putih di Dekat Tol Cipali Indramayu Hangus Terbakar

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 15:07 WIB
loading...
3 Hektare Hutan Kayu Putih di Dekat Tol Cipali Indramayu Hangus Terbakar
Kebakaran hutan kayu putih di Indramayu. Foto/Andrian Supendi/MPI
A A A
INDRAMAYU - Kebakaran melanda kawasan hutan kayu putih di Desa Jatimunggul, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Kamis (17/8/2023) malam.

Berdasarkan data yang diperoleh dari PT Pertani, amukan si jago merah telah menghanguskan sekitar 3 hektare areal hutan kayu putih.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Indramayu yang mendapat laporan sekitar pukul 18.30 WIB pun langsung bergegas menuju lokasi kejadian.

"Enam personel Damkar langsung segera berangkat dengan menggunakan satu armada," ujar Komandan Regu (Danru) 4 Damkar Indramayu, Sihabudin kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (18/8/2023).


">

Sihabudin menuturkan, berdasarkan laporan awal yang diterima pihak Damkar, kebakaran hutan itu berlokasi di dekat Tol Cipali KM 138. Namun di tengah perjalanan, titik api rupanya masuk ke tengah kawasan hutan kayu putih yang lokasi geografisnya masuk ke wilayah Desa Jatimunggul, Kecamatan Terisi.

Saat itu, lanjut Sihabudin, mobil armada Damkar tidak dapat masuk ke kawasan hutan karena akses yang sulit. Untuk upaya pemadaman, petugas pun harus melakukannya secara manual dengan cara memukul-mukul api menggunakan tumbuhan yang ada di sekitar lokasi.

"Jarak dari jalan ke lokasi sekitar 500 meter. Karena tidak bisa masuk, jadinya kami berjalan kaki lalu melakukan pemadaman dengan cara manual. Karena kami juga dikejar oleh waktu dan harus cepat agar kobaran api tidak merambat lebih luas lagi," tutur dia.

Sihabudin menyatakan, sekitar pukul 20.30 WIB, api akhirnya baru bisa dipadamkan sepenuhnya. "Alhamdulillah berhasil ditangani. Adapun untuk penyebab kebakaran, belum diketahui secara pasti," terang dia.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)