Banjir dan Tanah Longsor Terjang 3 Kecamatan di Bengkulu Utara

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 13:14 WIB
loading...
Banjir dan Tanah Longsor Terjang 3 Kecamatan di Bengkulu Utara
Banjir dan tanah longsor di Bengkulu Utara menerjang tiga kecamatan. Foto/Demon Fajri/MPI
A A A
BENGKULU - Banjir dan tanah longsor menerjang 3 kecamatan di Bengkulu Utara . Bencana alam itu dipicu curah hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, sejak Kamis (17/8/2023) malam hingga Jumat (18/8/2023).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Khristian Hermansyah menjelaskan bencana alam ini menerjang tiga kecamatan yang tersebar di dua desa dan 1 kelurahan.

"Seperti, di Desa Lubuk Mindai, Kecamatan Ketahun, Desa Karang Pulau, Kecamatan Putri Hijau, dan Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Arga Makmur," kata Khristian, Jumat (18/08/2023).

"Untuk di Desa Lubuk Mindai, Kecamatan Ketahun, terjadi tanah longsor menyebabkan pelapis tebing sepanjang 50 meter ambruk dan lapangan futsal tertutup material longsor," tambahnya.


">

Tidak hanya itu, di desa Lubuk Mindai juga dilanda banjir sehingga berakibat melumpuhkan akses jalan antar kecamatan Ketahun dan KPutri Hijau.

Kemudian banjir juga sempat menggenangi jalan lintas Sumatera dan 4 unit rumah terendam di Desa Karang Pulau.

"Di daerah ini juga menghanyutkan 1 unit perahu piber dan 1 unit mesin kapal merk yamaha 25 PK serta 16 pis jaring penangkap ikan," katanya.

Sedangkan di Kelurahan Purwodadi, terjadi pohon roboh menimpa kios pedagang di Pasar Purwodadi, Kota Arga Makmur.

"Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam di tiga kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara itu," katanya.

Kondisi terkini, jalan nasional yang tergenang banjir sampai saat ini masih bisa dilalui kendaraan roda 2 maupun roda 4.

"Pemantauan di lapangan terus dilakukan, Tim Reaksi Cepat Daerah (TRCD) melakukan pembersihan pohon roboh di Pasar Purwodadi Kecamatan Arga Makmur serta melakukan peninjauan lokasi banjir, longsor di Kecamatan Ketahun dan Putri Hijau," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)