Aksi Nyentrik Kopral Purnawirawan Bagyo Ajak Warga Waspadai Hoax

Rabu, 08 Februari 2017 - 18:00 WIB
Aksi Nyentrik Kopral Purnawirawan Bagyo Ajak Warga Waspadai Hoax
Aksi Nyentrik Kopral Purnawirawan Bagyo Ajak Warga Waspadai Hoax
A A A
SOLO - Kopral (Purn) Partika Subagyo Lelono melakukan aksi unik dalam menyambut Hari Pers Nasional ke-69, Rabu (8/2/2017) siang. Mantan anggota Detasemen Polisi Militer (Denpom) IV/4 Surakarta itu jungkir balik di kawasan Stadion Manahan Solo, dan menyerukan masyarakat waspada berita hoax di media sosial (medsos).

Aksi dilakukan Kopral Bagyo, begitu panggilan akrabnya, dengan naik becak sembari membawa poster ucapan Hari Pers yang diperingati setiap 9 Pebruari.

Sejumlah poster yang dibentangkan antara lain bertuliskan Selamat Hari Pers 09-02-2017, Dirgahayu Pers 09-02-2017, Waspada Jangan Percaya Berita Bohong, Awas! Berita Hoax/Bohong Perusak Persatuan Bangsa.

Serta tulisan Tanpa Berita Dunia Tak Bicara. Ikuti Berita dari Ahlinya. "Berita hoax yang disebar mengancam kesatuan dan persatuan bangsa. Masyarakat harus mewaspadai," tandas Kopral (Purn) Bagyo di sela-sela aksi nyentriknya.

Dalam kiprahnya kali ini, Bagyo juga mengajak dua wartawan senior di Kota Solo Suwarto dan Andjar untuk naik becak. Ia juga melakukan aksi jungkir balik di pelataran santai (plasa) Manahan sebelum menceburkan diri ke dalam kolam.

Dirinya berharap peran pers terus berkembang tak lekang oleh waktu. Selain itu, informasi yang disebarkan oleh media massa diharapkan bisa mendidik masyarakat guna mendorong persatuan dan kesatuan bangsa.

"Harapannya, pers Indonesia makin maju dengan mengemukakan fakta serta mengedukasi masyarakat tentang informasi yang berkembang," jelasnya.

Aksi menyambut hari pers oleh Kopral Bagyo mendapat sambutan hangat dari para pelajar yang tengah berolahraga di Stadion Manahan.

Mereka bersama-sama turut mengucapkan hari pers. Selain itu juga hadir sejumlah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

Mereka juga menghimbau agar masyarakat mewaspadai berita hoax yang kerap disebar di medsos.

"Kami dari mahasiswa PTIK angkatan 70 menghimbau masyarakat ikut mewaspadai penyebaran berita hoax yang masif disebar melalui sosial media," tandas Kepala Senat PTIK angkatan 70, Happy Saputra.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7233 seconds (0.1#10.140)