Pimpin Upacara HUT ke-78 RI, Ridwan Kamil: Harga Perdamaian Begitu Mahal

Kamis, 17 Agustus 2023 - 11:49 WIB
loading...
Pimpin Upacara HUT ke-78 RI, Ridwan Kamil: Harga Perdamaian Begitu Mahal
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil usai memimpin Upacara Peringatan HUT ke-78 RI Tingkat Jabar di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Kamis (17/8/2023). Foto/Agung Bakti Sarasa/MPI
A A A
BANDUNG - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) patut disyukuri semua lapisan masyarakat. Konflik yang terjadi di belahan bumi lain mengingatkan bangsa Indonesia akan mahalnya arti sebuah perdamaian.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat memimpin Upacara Peringatan HUT ke-78 RI Tingkat Jabar di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Kamis (17/8/2023).

Kang Emil, begitu biasa disapa mengemukakan, Indonesia sebagai sebuah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan, tidak pernah menganggap kecil semua pencapain bangsa.

Sebab jika menengok negara-negara yang tengah berkonflik, penderitaannya begitu luar biasa. Dalam hal ini Kang Emil menyontohkan konflik perang saudara di Suriah dan invasi Rusia ke Ukraina.


">

"Semoga peristiwa ini menjadi hikmah dan refleksi untuk bangsa kita betapa mahalnya harga perdamaian dan kebebasan bernegara yang kita rasakan hari ini," kata Kang Emil.

Kang Emil menyebut, perayaan setiap 17 Agustus bukan hanya sekadar peringatan Hari Kemerdekaan. Namun, itu merupakan momentum refleksi arti perjuangan para pendahulu dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Dalam mengisi kemerdekaan, kata dia, Jabar turut berkhidmat dengan melaksanakan Upacara peringatan HUT ke-78 RI.

"Upacara ini tidak hanya sekadar seremonial, mengenang jasa perjuangan para pahlawan melainkan bertujuan membangkitkan semangat kebangsaan, mempererat persatuan seluruh masyarakat berlandaskan pancasila dalam membangun bangsa," ujarnya.

Turut hadir dalam upacara ini, jajaran Forkopimda Jabar dan seluruh perwakilan lapisan masyarakat di Jabar.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4997 seconds (0.1#10.140)