Unik, 3 Gajah Sumatera Jadi Petugas Pengibar Bendera Merah Putih di Riau

Kamis, 17 Agustus 2023 - 11:11 WIB
loading...
Unik, 3 Gajah Sumatera Jadi Petugas Pengibar Bendera Merah Putih di Riau
Tiga gajah Sumatera menjadi petugas pengibar bendera Merah Putih dalam upacara peringatan HUT Ke-78 RI di Kantor BBKSDA Riau, Pekanbaru, Kamis (17/8/2023). Foto/MPI/Banda Harudin Tanjung
A A A
PEKANBARU - Tiga gajah Sumatera menjadi petugas pengibar bendera Merah Putih dalam upacara peringatan HUT Ke-78 RI di Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Pekanbaru, Kamis (17/8/2023).

Tiga gajah Sumatera itu jadi petugas pengibar bendera Merah Putih itu bernama Vera, Bankin dan Indah. Mereka jadi bagian dari pasukan pengibar bendera (Paskibra) saat upacara HUT Ke-78 RI.



Gajah Vera ditugaskan sebagai pengerek bendera. Sementara Bankin dan Indah pengawal gajah Vera dengan berbaris dan tertib. Masing masing gajah dikawal oleh mohout atau pawang gajah.



Saat salah satu petugas sudah memasangkan bendera di tali kemudian, Vera yang ditugaskan mengerek bendera langsung maju ke depan dan mengambil tali dengan belalainya.

Kemudian lagu Indonesia Raya pun dikumandang, Verapun mulai mengerek bendera. Seperti pasukan pengibar yang sudah profesional, gajah petina ini terus menyelesaikan tugasnya.

Satu lagu Indonesia mulai dikumandangkan maka diikuti oleh penghormatan oleh peserta upacara dari pagawai BBKSDA Riau.


Dengan berakhirnya lagu Indonesia dan, Vera pun berhasil mengerek Merah Putih sampai ke ujung tiang.

Setelah menyelesaikan tugasnya, Verapun mengambil posisi ke barisan awal yakni berdekatan dengan Gajah Indah dan Gajah Bakin.

"Ketiga gajah ini berasal dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas. Alhamdullah semua kegiatan berjalan lancar," kata Plh Kepala BBKSDA Riau, Hartono.

Dalam upacara ini sebagai inspektur upacara adalah Sopian. Seluruh rangkaian upacara dengan melibatkan gajah di Kantor BBKSDA Riau berjalan khidmat dan tertib.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)