alexametrics

Sebelum Meninggal, Ajip Rosidi Dua Kali Hadiri Event di Kampung Halaman

loading...
Sebelum Meninggal, Ajip Rosidi Dua Kali Hadiri Event di Kampung Halaman
Ajip Rosidi, sastrawan besar Tanah Air kelahiran Jatiwangi, Majalengka meninggal dunia pada Rabu (29/7/2020) malam di Magelang. Dok/SINDOnews
A+ A-
MAJALENGKA - Ajip Rosidi, sastrawan besar Tanah Air kelahiran Jatiwangi, Majalengka meninggal dunia pada Rabu (29/7/2020) malam di Magelang.

Sebelum meninggal, dalam kurun waktu satu terakhir setidaknya almarhum telah dua kali pulang kampung, sekaligus singgah di Jatiwangi art Factory (JaF).

Kunjungan pertama Ajip ke Jaf pada satu tahun terakhir terjadi saat pembukaan Pameran Indonesia Contemporary Ceramic Biennale (ICCB) pada Oktober 2019 lalu. Dalam kesempatan itu, almarhum sempat melemparkan pujian kepada para seniman dari JaF.

Dalam sanjungannya, Ajip mengaku meski pun lahir di Jatiwangi, tetapi dia sebelumnya tidak tahu kalau Genteng, produk unggulan Jatiwagi bisa menjadi media dalam berkarya.



"Saya orang Jatiwangi, tapi nggak tau kalau Genteng bisa digunakan untuk yang lain. Makanya saya datang dalam acara ini," kata Ajip saat itu. (Baca: Sastrawan Ajip Rosidi Meninggal Dunia di RS Tidar).

Selang tiga bulan kemudian, atau tepatnya Januari 2020, Ajip kembali pulang kampung, dan mengunjungi JaF. Bahkan, dalam kesempatan kedua kalinya itu, status Ajip bukan lagi sebagai 'tamu' melainkan 'tuan rumah.'



Pasalnya, dalam kesempatan kedua itu Ajip kembali hadir di JaF dalam acara Penghargaan Rancage 2020, sebuah acara yayasan Rancage yang diinisiasinya. Dalam kesempatan itu, ada 7 orang yang mendapat penghargaan tersebut.
(nag)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak