Tingkatkan Literasi, Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Diajak Jaga Keamanan Digital

Selasa, 15 Agustus 2023 - 20:12 WIB
loading...
Tingkatkan Literasi, Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Diajak Jaga Keamanan Digital
Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo, Boni Pudjianto memberi pembekalan literasi digital dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) UPN Veteran Yogyakarta. Foto/Ist
A A A
YOGYAKARTA - Mahasiswa baru Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta diajak ikut menjaga keamanan di dunia digital. Ajakan ini untuk mendorong peningkatan indeks literasi digital, khususnya pada pilar digital safety.

Berdasarkan Indeks Literasi Digital Nasional 2022, pilar digital safety ini memiliki indeks terendah dibandingkan pilar lain, yakni sebesar 3,12.



"Oleh karena itu mahasiswa menjadi garda terdepan untuk menjaga keamanan di dunia digital. Tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga masyarakat," kata Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo, Boni Pudjianto, saat memberikan pembekalan literasi digital dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) UPN Veteran Yogyakarta dikutip Selasa (15/8/2023).

Boni menjelaskan, saat ini masih banyak kejahatan yang terjadi di dunia digital. Tidak hanya pada sisi konten negatif, namun kejahatan digital modusnya pun semakin beragam.

“Kejahatan dunia digital ini sekarang marak dengan berbagai teknik. Dari yang sifatnya fisik, scamming bahkan social engineering. Jadi penting untuk kita berhati-hati,” ungkapnya.

Setidaknya ada empat hal yang bisa dilakukan para mahasiswa untuk meningkatkan keamanan digital. Pertama, perlu mengamankan perangkat digital yang digunakan.



“Yang paling sederhana adalah saat login ke perangkat digital. Penting untuk menjaga akun secara rutin, mulai dari mengubah password secara rutin dan menghindari menggunakan satu password untuk semua akun," lanjut Boni.

Yang kedua, mengamankan identitas digital. Penting untuk menjaga data identitas yang dipakai di ruang digital agar tidak digunakan orang lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2898 seconds (0.1#10.140)