Sepekan Dirawat di RS, Kondisi 'Manusia Kayu' Membaik

Rabu, 01 Februari 2017 - 17:25 WIB
Sepekan Dirawat di RS, Kondisi Manusia Kayu Membaik
Sepekan Dirawat di RS, Kondisi 'Manusia Kayu' Membaik
A A A
SOLO - Kondisi Sulami (35), warga Dusun Selorejo, Desa Mojokerto, Kecamatan Kedawung, Sragen, Jawa Tengah, membaik setelah sepekan dirawat di RSUD Dr Moewardi Solo. Perempuan yang dijuluki 'manusia kayu' tersebut sel darah merahnya (hemoglobin) sudah normal dan psikologisnya meningkat.

Ketua Tim Medis RSUD Dr Moewardi Solo yang menangani Sulami, Arif Nurudin mengatakan, berdasarkan pemeriksaan, pasien mengalami kelainan genetik autoimun. Ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh justru menyerang sel-sel sehat.

Sulami mengalami peradangan tulang belakang dan sendi atau dalam istilah medis dinamakan ankylosis spondylitis sistemik sklerosis. "Dari dunia kedokteran, semua penyakit genetik sampai saat ini belum ditemukan terapi yang dapat menyembuhkan penyakit secara cepat dan sempurna," ujar Arif Nurudin di RSUD DR Moewardi, Rabu (1/2/2017) siang.

Dokter spesialis penyakit dalam itu menyebut kelainan genetik autoimun menyumbang porsi sekian persen terjadinya penyakit tersebut. Penyakit itu juga dapat terjadi akibat faktor lingkungan, pola hidup, makanan, dan lain-lain.

Selama sepekan, tim dokter baru melakukan observasi rencana tindakan ke depan serta mengembalikan kadar gizi dan mengembalikan psikisnya. Hasil perawatan, ada peningkatan yang signifikan.

"Sepekan ini gizinya sudah semakin membaik. Tadinya sel darah merah (hemoglobin) kurang 8,2, sekarang sudah normal. Dari segi psikologis sudah meningkat," jelasnya. (Baca juga: Kisah Sulami, 'Manusia Kayu' Asal Sragen).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.6004 seconds (0.1#10.140)