Empat Beruang Kebun Binatang Bandung 'Disembunyikan'

Jum'at, 20 Januari 2017 - 14:55 WIB
Empat Beruang Kebun Binatang Bandung Disembunyikan
Empat Beruang Kebun Binatang Bandung 'Disembunyikan'
A A A
BANDUNG - Empat dari 11 beruang madu koleksi Kebun Binatang Bandung (KBB) tidak terlihat di kandang pamer yang letaknya tidak jauh dari pintu masuk pada Jumat (20/1/2017). Mereka 'disembunyikan' di kandang bagian dalam yang lokasinya masih di area yang sama. Rencananya, mereka tidak akan dikeluarkan seharian ini.

Alhasil, kandang pamer beruang tampak kosong. Pengunjung pun tidak bisa menyaksikan keempat beruang itu, termasuk Kardit yang belakangan ini disorot karena bertubuh kurus.

Humas Kebun Binatang Bandung Sudaryo menyebut dikandangkannya keempat beruang itu karena akan dilakukan pembersihan pada area kolam di kandang pamer. Hal itu tidak ada hubungannya dengan ramainya pemberitaan soal beruang bernama Kardit yang kurus dan memakan kotorannya sendiri.

"Hari ini kita bersihkan kandangnya, air di kolamnya disedot dan nanti kolamnya akan dibersihkan," kata Sudaryo saat ditemui di lokasi.

Menurutnya, pembersihan kolam di kandang beruang harusnya dilakukan kemarin. Tapi dia beralasan kemarin banyak wartawan yang membutuhkan gambar aktivitas beruang, sehingga pembersihan urung dilakukan.

Sebelum membersihkan kolam, menurutnya beruang harus lebih dulu dimasukkan ke dalam kandang yang masih satu area dengan kandang pamer. Sebab jika dibiarkan berkeliaran di kandang pamer, petugas akan sulit membersihkan kolam.

Sudaryo mengatakan, pembersihan kolam itu sebenarnya merupakan hal rutin. Hal itu dilakukan agar air di lokasi tetap bersih dan membuat beruang agar nyaman.

"Kalau kandang sebenarnya tiap hari disapu sama petugas. Kalau air kolam itu rutin seminggu sekali atau saat kadar kotor tertentu dikuras dan diganti," jelas Sudaryo.

Sementara berbeda dengan kandang Kardit dan kawan-kawan, kandang pamer beruang yang berada di area atas tidak dibersihkan hari ini. Kandang itu akan dibersihkan sesuai jadwal. Di kandang pamer beruang bagian atas, pengunjung masih bisa menyaksikan beruang madu.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2738 seconds (0.1#10.140)