Fakta-fakta Jember, Daerah yang Dijuluki Kota Suwar Suwir

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 16:00 WIB
loading...
Fakta-fakta Jember, Daerah yang Dijuluki Kota Suwar Suwir
Jember merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki sejumlah fakta menarik. Foto/Dok Kebudayaan Kemdikbud
A A A
JAKARTA - Jember merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki sejumlah fakta menarik. Secara administratif, wilayah Kabupaten Jember berbatasan dengan sejumlah daerah lain.

Di antaranya adalah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Probolinggo di utara, Kabupaten Lumajang di barat, Kabupaten Banyuwangi di timur, dan Samudera Indonesia pada bagian selatan.

Pada konteks regional, kabupaten ini memiliki letak yang strategis dan bisa berperan sebagai salah satu Pusat Kegiatan Wilayah (PKW). Untuk lebih jauh mengenalnya, simak sejumlah fakta menarik mengenai Jember berikut ini.

Fakta Kabupaten Jember

1. Penghasil Tembakau Cerutu

Jember telah banyak dikenal sebagai daerah penghasil tembakau cerutu kelas dunia. Mengutip Indonesia.go.id, Jember menjadi penghasil utama setelah meredupnya Deli.



Memiliki kualitas dunia, sebagian besar hasil produksinya diekspor ke berbagai negara. Menariknya, komoditi ini bisa bertahan di tengah kampanye anti tembakau yang gencar diserukan dunia.

2. Banyak Kuliner Menarik

Layaknya daerah-daerah lain di Tanah Air, Jember juga memiliki banyak kuliner khas. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah wedang cor.

Minuman penghangat badan ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca dingin atau hujan melanda. Adapun isiannya sendiri terdiri atas susu, jahe, dan tape ketan.

Selain wedang cor, masih banyak kuliner khas Jember yang bisa dicoba. Di antaranya seperti pecel gudeg, nasi langgi, prol tape, tahu hwa, dan lain sebagainya.

3. Destinasi Wisata Beragam

Beragam destinasi wisata juga dapat pengunjung temui di Jember. Salah satu yang cukup populer adalah deretan pantai yang indah dan eksotis.

Beberapa contoh yang bisa disebutkan di antaranya seperti Pantai Payangan, Pantai Puger, Watu Ulo, dan lain sebagainya. Tak hanya pantai, Jember juga masih menyimpan pilihan wisata lain seperti Taman Nasional Meru Betiri.


4. Pemilik Banyak Julukan

Terlepas dari banyaknya pilihan kuliner dan wisata, Jember juga memiliki beragam julukan yang tersemat. Salah satunya adalah Kota Karnaval dengan berbagai festival atau pagelaran yang biasa dihelat.

Kegiatan yang biasa menjadi ikonnya bernama Jember Fashion Carnaval (JFC). Event ini tak hanya menarik perhatian warga lokal, melainkan para wisatawan lain yang datang berkunjung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0828 seconds (0.1#10.140)