Pembangunan Medan Libatkan Lansia, Bobby: Harus Semangat dan Tetap Produktif

Kamis, 03 Agustus 2023 - 22:10 WIB
loading...
Pembangunan Medan Libatkan Lansia, Bobby: Harus Semangat dan Tetap Produktif
Bobby Nasution serahkan bantuan lansia pada Peringatan Hari Lanjut Usia ke-27 tahun 2023, sekaligus melantik Pengurus Lembaga Lanjut Usia Indonesia Kota Medan periode 2023-2028 (Foto: dok Pemko Medan)
A A A
MEDAN - Keceriaan terpancar dari wajah para lansia penyandang disabilitas saat Wali Kota Medan Bobby Nasution menyerahkan sejumlah bantuan berupa kursi roda dan tongkat untuk untuk aktivitas mereka. Dengan senyum penuh bahagia, mereka pun mengucapkan terima kasih kepada menantu Presiden RI Joko Widodo tersebut.

Bantuan tersebut diserahkan Bobby pada Peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) ke-27 tahun 2023, sekaligus melantik Pengurus Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Kota Medan periode 2023-2028, yang diketuai oleh Renward Parapat di Hotel Madani Medan pada Kamis (3/8).

Di hadapan ratusan lansia, Bobby menyampaikan harapannya agar para orang tua yang masuk dalam kategori lansia tetap bisa produktif. Artinya, produktifitas dapat dimulai dari pola pikir (mindset) bahwa lansia bisa aktif dalam beragam kegiatan.

"Terkhusus bagi pengurus yang baru dilantik, saran dan masukan saya adalah kalau bisa hadirkan program-program yang mampu mengubah mindset orang tua kita bahwa lansia pun bisa produktif. Maksudnya, program yang ada harus bisa dirasakan manfaatnya baik hari ini dan hingga nanti," ucap Bobby.

Bobby pun menambahkan bahwa di beberapa negara, ada program khusus untuk lansia seperti magang. Yang mana jika di Indonesia, magang tersebut identik dengan kaum muda atau anak-anak kuliah yang akan memasuki masa akhir pendidikannya sebagai suatu persyaratan kelulusan.

"Ada beberapa negara yang memberlakukan program magang untuk lansia. Misalnya, perusahaan swasta yang membutuhkan tenaga profesional namun tidak sanggup atau mampu mencukupi membayar gaji yang terlalu tinggi, mereka memberlakukan program tersebut," terangnya.

Bobby pun menuturkan bahwa saat ini pembangunan Kota Medan juga melibatkan lansia. Hal ini tergambar salah satunya dengan pembangunan trotoar dengan mengadopsi universal design. Jika selama ini terbilang cukup tinggi, namun sekarang dibuat lebih rendah.

"Jadi, kita ingin pembangunan yang dilakukan bisa dinikmati semua kalangan sehingga baik kita, kaum lansia maupun difabel dapat merasakan pembangunan ini secara bersama-sama," tuturnya.

Sebagai penutup, Bobby berharap kepengurusan LLI yang baru dilantik nantinya berjalan aktif dan mampu membawa para lansia terus berkontribusi dalam mendukung pembangunan Kota Medan.

"Tetap semangat para orang-orang tua kami," ungkapnya seraya membagikan tiga buah handphone kepada lansia yang hadir usai berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan.
(dsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)