Kloter Jemaah Haji Terakhir Tiba di Makassar, 7 Orang Dirawat di Arab Saudi dan 54 Meninggal

Kamis, 03 Agustus 2023 - 17:16 WIB
loading...
Kloter Jemaah Haji Terakhir Tiba di Makassar, 7 Orang Dirawat di Arab Saudi dan 54 Meninggal
Ratusan jemaah haji debarkasi Makassar yang tergabung dalam kloter 43 tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar, Kamis (3/8/2023). Foto/MPI/Abdoellah Nicolha
A A A
MAKASSAR - Kelompok terbang (Kloter) 43 jemaah haji, yang merupakan kloter terakhir dari debarkasi Makassar, telah tiba di tanah air, Kamis (3/8/2023). Hingga kini masih ada tujuh jemaah haji debarkasi Makassar, yang masih tertahan di Arab Saudi karena menjalani perawatan medis, dan 54 meninggal dunia.



Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Khaeroni mengatakan, PPIH Embarkasi dan Debarkasi Makassar memberangkatkan 16.888 jemaah haji ke Arab Saudi. Namun, hanya 16.809 yang sudah tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar.



"Mudah-mudahan jemaah haji yang masih sakit bisa cepat sembuh, pulang kembali ke Indonesia. Untuk jemaah haji yang meninggal dunia, mudah-mudahan bisa Ahlul Jannah," ujarnya, Kamis (3/8/2023).



Khaeroni bersyukur pelakanaan ibadah haji tahun 2023 secara keseluruhan berjalan dengan baik. Meski demikian, dia menyadari masih banyak kekurangan dalam pemberian pelayanan kepada jemaah haji, khususnya yang lanjut usia (lansia).

"Sejauh ini yang telah dipulangkan berjumlah 16.809 jemaah haji, 54 orang meninggal dunia dan tujuh jemaah haji masih dirawat," ungkap Kepala Bidang Penerimaan dan Keberangkatan Jemaah Haji Kantor Wilayah Kementrian Agama Sulawesi Selatan, Wahyuddin Hakim.

Wahyuddin menyebutkan, dari 54 orang jemaah haji yang meninggal itu, terdapat 33 jemaah laki-laki dan perempuan berjumlah 21 orang. "Paling banyak yang meninggal asal Sulawesi Selatan 12 orang, dan Maluku Utara sembilan orang. Selebihnya dari berbagai daerah lain yang masuk dalam debarkasi Makassar," ujarnya.



Dari 54 jemaah haji yang meninggal, kata dia, 49 diantaranya meninggal saat berada di Arab Saudi. Sementara dua orang meninggal di pesawat saat perjalanan pulang. "Satu orang meninggal saat perjalanan pulang menuju daerahnya, dan dua orang lainnya meninggal saat transit di Asrama Haji Makassar," ungkapnya.

Sementara terkait jemaah haji yang masih dirawat di Arab Saudi, pemulangannya akan ditangani oleh Kementerian Agama. Masih ada sebanyak 23 jemaah haji asal Sulawesi Selatan, yang baru akan tiba di tanah air pada Jumat (4/8/2023), namun tergabung di debarkasi Kalimantan.

Sementara, Direktur Bina Haji, Direktorat Jenderal Pelaksanaan Haji dan Umrah Kementrian Agama, Arsad Hidayat mengimbau, agar para jemaah haji yang sudah tiba di Asrama Haji Sudiang, untuk benar-benar mengamalkan ibadahnya di masyarakat dan berharap agar marwah haji mabrur tetap dijaga.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)