Diskominfo Barito kuala Edukasi Stunting di SMAN 1 Tabunganen

Senin, 31 Juli 2023 - 15:50 WIB
loading...
Diskominfo Barito kuala Edukasi Stunting di SMAN 1 Tabunganen
Edukasi mengenai stunting yang disampaikan di SMAN 1 Tabunganen, Barito Kuala. (Foto: dok Diskominfo Batola)
A A A
BARITO KUALA - Edukasi Stunting turut menjadi bagian dari tugas penyebaran informasi publik oleh Diskominfo Batola. Bersamaan dengan sosialisasi internet sehat, edukasi stunting turut disampaikan pada pelajar di SMAN 1 Tabunganen.

Para remaja sekolah menengah merupakan target sasaran edukasi stunting karena usia muda adalah bagian dari persiapan untuk melahirkan generasi sehat tanpa stunting. Stunting adalah sebutan untuk gagal tumbuh pada anak dan menjadikan anak yang gagal tumbuh tersebut menjadi kurang cerdas.

Wieke selaku Diskominfo Batola menyampaikan materi "stunting is a cyclical process" yaitu stunting adalah sebuah siklus yang berproses. “Anak stunting, akan menjadi anak yang kurang cerdas sehingga diprediksi akan berpendidikan rendah, jika berpendidikan rendah maka anak yang stunting ketika dewasa akan mendapatkan upah yang rendah. Upah yang rendah akan membuat seseorang tidak mampu memenuhi diri dan keluarganya dengan makanan yang bernutrisi cukup. Ketika tidak mampu membeli makanan tersebut, wanita yang hamil akan kekurangan nutrisi serta balitanya,“ tuturnya.

Melalui edukasi tersebut, diharapkan adanya kesadaran dini. Sehingga mencegah terjadinya efek jangka panjang dari stunting yang tidak diinginkan. Selain itu, siswa diharapkan mampu memahami bahwa untuk melahirkan generasi yang sehat harus dimulai dari diri sendiri dan kesiapannya.

Prioritas anak-anak lulusan SMA terdiri dari tiga K, yakni Kerja, Kuliah, atau Kawin. Karenanya, sosialisasi yang dilaksanakan oleh Diskominfo kepada anak SMA merupakan upaya untuk mencegah lahirnya generasi stunting dengan memberi edukasi cegah stunting sejak pasangan usia subur dan mencegah stunting pada masa kehamilan.
(dsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2564 seconds (0.1#10.140)