Berdayakan Emak-emak, Santri Ganjar Pelatihan Bikin Hantaran Pernikahan

Senin, 31 Juli 2023 - 12:58 WIB
loading...
Berdayakan Emak-emak, Santri Ganjar Pelatihan Bikin Hantaran Pernikahan
Relawan SDG menggelar pelatihan membuat hantaran pernikahan menggunakan barang-barang sederhana di Kelurahan Pelutan, Kecamatan/Kabupaten Pemalang, Minggu (30/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PEMALANG - Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Jateng terus melakukan pemberdayaan masyarakat, salah satunya kalangan emak-emak. Mereka menggelar pelatihan membuat hantaran pernikahan menggunakan barang-barang sederhana di Kabupaten Pemalang.

Korwil SDG Jateng Gus Mukti Abdul Jabir mengatakan, melalui program pemberdayaan pihaknya ingin mengasah kemampuan emak-emak agar berinovasi dalam wirausaha. Kreasi hantaran ini dapat menjadi pendapatan tambahan bagi emak-emak untuk mendukung ekonomi keluarga.

"Kami bekerja sama dengan Majelis Taklim Nurul Hidayah bersama ibu-ibu majelis taklim untuk prakarya dalam berkreativitas dengan mendulang ekonomi untuk dijual untuk kebutuhan masyarakat," kata Gus Mukti di Kelurahan Pelutan, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Minggu (30/7/2023).

Dalam kegiatan ini, SDG Jateng menghadirkan Suherman, seorang ahli di bidang kreasi hantaran. Emak-emak begitu menikmati setiap proses pelatihan tersebut.

Tangan-tangan terampil dan kreativitas para peserta pun diasah di sini. Mereka dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk membuat aneka ragam hantaran seperti kain jarit dibentuk burung merak, mukena menjadi kubah masjid, dan lain-lain.

Suherman berpesan emak-emak agar mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi hantaran lainnya. "Kami berharap apa yang diberikan dari pelatihan bersama mentor dapat diimplementasikan di kemudian hari," katanya.

Elin Parlina (35), Ketua Majelis Taklim Nurul Hidayah mengungkapkan pelatihan ini menginspirasi emak-emak membuat hantaran nikah menjadi peluang usaha. "Ya kedepannya seperti itu, biar menjadi usaha bagi anggota dan bagi saya juga," ujarnya.

Di sela kegiatan, SDG Jateng bersama jemaah Majelis Taklim Muslimah Nurul Hidayah doa bersama agar langkah Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024 berjalan lancar. SDG Jateng juga memberikan bantuan speaker untuk menunjang aktivitas menimba ilmu maupun kegiatan lainnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)