Viral Pasangan Bule Ciuman Mesra di Pura Lempuyang Bali, Begini Respons Bendesa Adat Purwayu

Jum'at, 28 Juli 2023 - 16:19 WIB
loading...
Viral Pasangan Bule Ciuman Mesra di Pura Lempuyang Bali, Begini Respons Bendesa Adat Purwayu
Viral pasangan bule spontan berciuman di Pura Lempuyang di Desa Adar Pirwayu, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Foto/iNews TV/Yunda Ariesta
A A A
KARANGASEM - Pasangan wisatawan bule kedapatan berciuman di area suci Pura Lempuyang di Desa Adar Pirwayu, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Aksi bule ini terekam video dan viral di media sosial.

Aksi bule tersebut mendapatkan kecaman karena dianggap menodai kesucian Pura. Alhasil, Desa Adat menggelar upacara pembersihan di area tersebut. Belakangan diketahui, aksi bule tersebut dilakukan saat melamar kekasihnya.

Namun usai dilamar, keduanya spontan berciuman. Kejadian ini diperkirakan terjadi pada 25 Juli 2023 lalu. Video bule ciuman bibir itu menuai pro dan kontra dari warganet.

Mereka menilai adegan ciuman seperti itu tidak etis dilakukan di tempat suci bagi umat Hindu.

Baca Juga: Geger Bule Telanjang di Gunung Batur, Imigrasi Kantongi Identitasnya


Menanggapi hal tersebut, Bendesa Adat Purwayu Nyoman Jati mengatakan, pihaknya langsung mengambil tindakan menggelar upacara Ngerebu (Pembersihan). Menurut dia, kejadian seperti ini jangan kembali terulang.

”Kami adakan upacara pembersihan seluruh areal Pura Lempuyang khususnya di areal kejadian, disucikan secara Niskala,” kata Nyoman Jati kepada wartawan, Jumat (28/7/2023).



Dia berharap kejadian serupa tak terulang kembali dan wisatawan yang berkunjung dapat mematuhi aturan saat berwisata ke Pura Lempuyang.”Karena ini tempat suci, jangan sampai kejadian serupa kembali terjadi,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2924 seconds (0.1#10.140)