Solo Raya Barometer Deradikalisasi, BNPT Ajak Eks Napiter Perkuat Komitmen

Selasa, 25 Juli 2023 - 19:09 WIB
loading...
Solo Raya Barometer Deradikalisasi, BNPT Ajak Eks Napiter Perkuat Komitmen
Eks narapidana teroris (napiter) di Solo Raya yang tergabung dalam Yayasan Gema Salam diajak BNPT untuk memperkuat komitmen. Foto/Ist
A A A
SOLO - Kawasan Solo Raya jadi barometer program deradikalisasi di Indonesia. Kini para mitra deradikalisasi atau mantan narapidana teroris (napiter) di Solo Raya diajak Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk memperkuat komitmen.

Hal itu disampaikan dalam rapat pleno Yayasan Gema Salam yang dibentuk para eks napiter di Solo Raya. Pertemuan dihadiri Kasubdit Bina Masyarakat, Direktorat Deradikalisasi BNPT, Kolonel Pas Sujatmiko dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Gema Salam, FX Hadi Rudyatmo.



Selain itu juga 38 mantan napiter yang telah kembali ke tengah-tengah masyarakat dari wilayah Solo, Sukoharjo, Boyolali, Sragen, Karanganyar, dan Wonogiri.

“Solo Raya menjadi barometer pelaksanaan program deradikalisasi bagi wilayah lainnya. Dengan demikian diharapkan para mitra deradikalisasi mempunyai komitmen yang sama untuk mencapai tujuan bersama dari Yayasan Gema Salam,” kata Sujatmiko dikutip Selasa (25/7/2023).

Sujatmiko berpesan bahwa BNPT, Polri, dan segenap aparat wilayah beserta pemerintah daerah bekerja sama dengan mitra deradikalisasi dalam rangka pencegahan terorisme.

Ia mengungkapkan bahwa negara berperan mendampingi dan mendorong yayasan-yayasan mitra deradikalisasi. Dengan demikain diharapkan agar stakeholder terkait agar saling mengenal, mengetahui, mendukung, dan memonitor jalannya organisasi Yayasan Gema Salam.



Sujatmiko menambahkan bahwa BNPT menghormati kiprah yang sudah dilakukan oleh kepengurusan Yayasan Gema Salam pada periode 2018-2023. Untuk itu, ia berharap Yayasan Gema Salam bisa menjadi contoh yang baik bagi yayasan-yayasan mitra deradikalisasi lainnya di Indonesia.

“Saling menjunjung silaturahmi, kemaslahatan, dan kebersamaan. Betul-betul kita fokus pada memperbaiki dan mengevaluasi dari apa yang sudah dilaksanakan dengan prinsip saling menghormati dan saling menghargai.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)