Relawan Ganjartivity Lestarikan Tradisi Kebudayaan Lokal Garut

Selasa, 25 Juli 2023 - 11:19 WIB
loading...
Relawan Ganjartivity Lestarikan Tradisi Kebudayaan Lokal Garut
Relawan Ganjar Creativity (Ganjartivity) menggelar acara bertajuk Ngadawuh Ganjar (Ngajar) di Desa Cinta Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut pada Minggu (23/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
GARUT - Relawan Ganjar Creativity (Ganjartivity) menggelar acara bertajuk Ngadawuh Ganjar (Ngajar) di Kabupaten Garut.
Mereka bersama masyarakat mengadakan ketangkasan domba adu.

Para sukarelawan yang terdiri dari para alumni muda Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) itu turun langsung ke tengah masyarakat untuk melestarikan kebudayaan tradisional di sana.

”Kami ingin ketangkasan domba adu ini, ciri khas Garut bisa dipopulerkan. Kami bantu juga mengangkat budaya ini biar bisa menasional, mendunia," kata Ketua Ganjartivity Dicky Fauzia di Desa Cinta Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut pada Minggu (23/7/2023).

Kegiatan tersebut dibuka dengan penampilan pencak silat dan peragaan sejumlah permainan anak tradisional seperti lempar sarung, oray-orayan, dan cingciripit. Setelah itu, warga memamerkan domba peliharaannya ke tengah lapangan sambil berjoget bersama.

Setelahnya dilakukan ketangkasan adu domba. "Ketangkasan domba adu ini diakui pemerintah yang menjadi budaya asli warga Garut dan Jawa Barat," tandasnya.

Potensi domba Garut tak hanya untuk ketangkasan, tetapi juga bisa dikonsumsi dagingnya. Domba yang dipelihara dengan baik oleh masyarakat di Garut terbukti menghasilkan domba berbobot besar dengan daging yang berkualitas tinggi.

"Selain untuk ketangkasan domba adu juga bagus buat (dimanfaatkan) dagingnya. Daging domba ini bagus karena beda dari domba daerah lain yang dombanya kecil," lanjutnya.

Namun potensi sosial hingga ekonomis domba Garut dinilai belum tersosialisasikan dengan baik ke seluruh wilayah Indonesia, apalagi hingga mancanegara. Melalui kegiatan yang digagas relawan Ganjartivity, informasi mengenai potensi itu pun akan disebarluaskan ke seluruh negeri.

"Mungkin dengan adanya pengetahuan yang baik tentang domba Garut akhirnya yang lain juga tahu bahwa domba Garut ini menghasilkan daging yang baik," tandasnya.

Kegiatan tersebut mendapatkan respons positif dari warga setempat. Mereka sengaja datang untuk menyaksikan ketangkasan adu domba secara langsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2398 seconds (0.1#10.140)