Des Ganjar Ramaikan Tradisi Petik Laut Larungan di Pantai Sipelot Malang

Jum'at, 21 Juli 2023 - 16:47 WIB
loading...
Des Ganjar Ramaikan Tradisi Petik Laut Larungan di Pantai Sipelot Malang
Des Ganjar turut meramaikan dan mendukung kegiatan Petik Laut Larungan di Pantai Sipelot, Kabupaten Malang, Kamis (20/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MALANG - Relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) turut meramaikan dan mendukung kegiatan Petik Laut Larungan di Pantai Sipelot, Kabupaten Malang. Tradisi larungan rutin diselenggarakan setiap tahun.

Ketua DPC Des Ganjar Kabupaten Malang Hendik Arso mengatakan, pihaknya turut memberikan bantuan agar acara berlangsung semakin meriah dan dinikmati warga.“Kegiatan tahunan rutin dari nelayan atas berkah berlimpah dengan acara larungan dan petik laut,” kata Hendik di Pantai Sipelot, Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Kamis (20/7/2023).

Petik Laut Larungan merupakan tradisi masyarakat pesisir pantau untuk mengungkapkan rasa syukur atas hasil laut yang berlimpah diperoleh para nelayan. “Tujuan kegiatan ini adalah ucapan syukur nelayan atas hasil tangkapan luar biasa,” jelas Hendik.

Kegiatan Petik Laut Larungan mendapat respons antusias dari Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bahkan Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto.

Para masyarakat yang hadir di pantai Sipelot, berbondong-bondong ingin menyaksikan puluhan nelayan membawa hasil bumi ke tengah laut. “(Respons masyarakat) sangat luar biasa. Apalagi dibantu relawan Des Ganjar yang mana ikut bagian di dalamnya,” tuturnya.

Pujo, salah satu nelayan di Desa Pujiharjo menyampaikan apresiasinya kepada Des Ganjar yang turut serta berpartisipasi di dalam kegiatan ini. “Untuk (langkah) Des Ganjar bagus sekali, merakyat bagi kami,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Des Ganjar juga menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo yang akan maju pada Pilpres 2024. Respons positif disampaikan para warga dan nelayan setempat kepada sosok Ganjar Pranowo.

Bahkan mereka mendoakan gubernur Jawa Tengah dua periode ini agar dapat terpilih menjadi Presiden 2024. “Semoga Pak Ganjar makin jaya dan menjadi Presiden,” ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)