Cegah Kerumunan, Ditlantas Polda DIY Luncurkan Program SIM Masuk Desa

Selasa, 28 Juli 2020 - 13:17 WIB
loading...
Cegah Kerumunan, Ditlantas Polda DIY Luncurkan Program SIM Masuk Desa
Cegah Kerumunan, Ditlantas Polda DIY Luncurkan Program SIM Masuk Desa. Foto/Ist
A A A
YOGYAKARTA - Untuk pencegahan terjadinya kerumunan massa saat pandemi COVID-19, Direktorat Lalu Lintas Polda Yogyakarta melakukan terobosan di bidang pelayan pembuatan Surat Izin Mengemudi ( SIM ). Salah satunya dengan menghadirkan program SIM masuk desa (SIMMADE).

Inovasi ini diluncurkan Selasa (28/7/2020) di Balai Desa Candibinangun Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Kapolda DIY Irjen Asep Suhendar mengaku sangat mengapresiasi dan menghargai Dirlantas beserta jajarannya serta stakeholder yang telah mendukung kebijakan pemerintah dengan melakukan inovasi pelayanan publik Melalui program pelayanan SIMMADE ini.

"Program ini dapat memudahkan dan mengutamakan keselamatan masyarakat di masa pandemi COVID-19 ini. Melalui program ini, masyarakat dapat melakukan adaptasi di era baru ini sebab mereka tak perlu hadir ke Satpas SIM. Sehingga pelayanan jadi lebih mudah, cepat, efisien dan terjangkau," kata Asep. (Baca juga: Kemenpan RB Apresiasi Pembuatan SIM Internasional dari Rumah )

Direktur Lalu Lintas Polda DIY Kombes I Made Agus Prasatya menyatakan ide munculnya program di masa pandemi ini karena permintaan masyarakat untuk pembuatan SIM baru sangat tinggi. Sementara demi memenuhi protokol kesehatan pada masa pandemi yang diatur pemerintah, tidak boleh ada kerumunan massa. (Baca juga: 214 Tenaga Medis di Wisma Atlet Dapat SIM Gratis )

"Maka untuk mencegah kerumunan massa, kami dari Dirlantas Polda DIY meluncurkan program SIMMADE. Sehingga aparat kami yang jemput bola ke desa-desa, dan bukan pemohon yang berbondong-bondong datang dan berkumpul di Satpas SIM kami," kata Agus.

Dikatakan, dalam program ini jumlah pemohon akan dibatasi sehingga tidak akan melanggar protokol kesehatan di masa COVID-19 ini. "Jelas dengan kami jemput bola, jumlah pemohon akan dibatasi. Sehingga hal ini dapat meminimalisir penyebaran COVID-19 di wilayah hukum Polda DIY," kata dia.

Dalam tahap awal, kata Agus, pihaknya akan melaksanakan program SIMMADE ini dengan melibatkan 4 Polres di sana.

Ada pun lokasinya untuk Polres Sleman akan dibagi 4 zona yakni zona Utara yakini di lokasi launching Balai Desa Candi Binangun Pakem, zona Timur di Balai Desa Purwomartani Kalasan, Prambanan, zona barat Balai Desa Sidomoyo Godean, Gamping Moyudan, zona tengah Balai Desa Maguwoharjo Depok.

Lokasi Polres Gunung Kidul terdiri dari zona Timur lokasi launching Balai Kelurahan Wiladeg Karangmojo, zona utara Balai Kelurahan Nglimpar, Semin Ngawen, Wonosari, zona Selatan Kantor Kec Tanjungsari dan zona barat Balai Kelurahan Gading, Playen Patuk.

Untuk Polres Bantul, zonanya adalah zona Selatan, (Lokasi Launching) di Balai Desa Seloharjo Pundong, zona Timur di Balai Desa Wukirsari Imogiri, zona tengah di Parkiran Stadion Sultan Agung Sewon dan zona barat di Kantor PT Dagsan Enduro Argosari Kecamatan Sedayu.

Sementara itu, Polres Kulonprogo lokasinya ada di zona Selatan Kelurahan Bugel Panjatan, Kecamatan Galur, zona tengah di Stadion Cangring, Pengasih Wates, zona Timur di Balai Kelurahan Sentolo dan terakhir zona utara di Embung Krapyak Kalibawang, Nanggulan.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)