Lomba Tari Topeng, Ganjar Sejati Ajak Pemuda Mencintai Seni Tradisional

Selasa, 18 Juli 2023 - 12:29 WIB
loading...
Lomba Tari Topeng, Ganjar Sejati Ajak Pemuda Mencintai Seni Tradisional
Relawan Ganjar Sejati menggelar lomba tari topeng di Sanggar Seni Intan Dewi, Kabupaten Cirebon, Minggu (16/7/2023). Kegiatan ini untuk melestarikan tradisi budaya Cirebon. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
CIREBON - Relawan Ganjar Sejati menggelar lomba tari topeng di Sanggar Seni Intan Dewi, Kabupaten Cirebon. Kegiatan ini untuk melestarikan tradisi budaya Cirebon.

“Hari ini kita menggelar kegiatan lomba tari topeng yang diikuti gen Z dan milenial,” kata Korda Ganjar Sejati Cirebon Sahidin di Sanggar Seni Intan Dewi, Desa Danawinangun, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, Minggu (16/7/2023).

Para peserta secara lihai menampilkan kebolehannya di hadapan para juri. Iringan musik Tari Topeng Kelana melengkapi karakter dan irama seni tari tradisional nusantara ini.

Lewat atribut topeng lengkap dengan balutan selendang bermotif megamendung khas Cirebon, mereka menyuguhkan gerakan demi gerakan yang memukau penonton. “Antusiasnya alhamdulillah baik. Mudah-mudahan kegiatan tari topeng ini bisa melestarikan tradisi budaya Cirebon,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Sahidin mengajak gen z dan milenial semakin mencintai kebudayaan tradisional, khususnya seni budaya khas Cirebon. Lewat lomba tari topeng pula, Sahidin mendorong seluruh masyarakat bersama-sama merawat kebudayaan. Sebagaimana Ganjar Pranowo yang turut melakukan itu selama memimpin Jateng sebagai gubernur.

“Ke depan kami akan terus menggelar kegiatan yang melibatkan anak muda. Supaya mereka semakin cinta dan terlibat dalam kegiatan budaya negeri sendiri karena kita sangat kaya dengan hal ini,” tuturnya.

Sahidin berharap Indonesia makin dicintai dengan kekayaan budayanya. Sahidin juga berharap keterlibatan anak-anak muda semakin aktif untuk merawat NKRI yang berbudaya.

Pimpinanan Sanggar Seni Intan Dewi, Intan Sulhayyati mengapresiasi upaya sukarelawan Ganjar Sejati yang mengajak anak-anak muda mencintai seni tradisional Cirebon. Terlebih gen z dan milenial semangat mengikuti lomba ini.

“Alhamdulillah anak-anak sangat semangat. Saya sangat apresiasi sekali kepada relawan Ganjar Sejati untuk melancarkan kegiatan seni budaya karena tari ini ciri khas Cirebon,” katanya.

Menurut Intan, pelestarian tari topeng sangat penting dilakukan untuk merawat kebudayaan Cirebon sampai generasi-generasi selanjutnya. Intan berharap relawan Ganjar Sejati terus pelestarian ini. “Terutama tari topeng,” tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)