Usai Diguncang Gempa M5,8 Terjadi 30 Kali Gempa Susulan di Sanana Maluku Utara

Senin, 17 Juli 2023 - 18:21 WIB
loading...
Usai Diguncang Gempa M5,8 Terjadi 30 Kali Gempa Susulan di Sanana Maluku Utara
Gempa bumi susulan mengguncang wilayah Sanana, Kepulauan Sula, Maluku utara usai terjadi gempa bumi berkekuatan M)5,8. Tercacat ada 30 gempa susulan. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
KEPULAUAN SULA - Gempa bumi susulan mengguncang wilayah Sanana, Kepulauan Sula, Maluku utara usai terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo (M)5,8. Tercacat ada 30 gempa susulan hingga Senin (17/7/2023) sore.

Gempa utama yang mengguncang Sanana terjadi dengan kekuatan M5,8 pada Senin (17/7/2023) pukul 11.42 WIB. Sementara gempa susulan terbesar M5,2 berlangsung pukul 16.46 WIB.



"Gempa bumi ini merupakan susulan dari gempa bumi M5,8. Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 30 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar M5,2," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Dia mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi kerak bumi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault)," paparnya.

Sementara itu, berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap) gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Kepulauan Sula dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).



"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Daryono.

Dia mengingatkan masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," pintanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2525 seconds (0.1#10.140)