Sandiaga Uno Dorong Festival Reog Internasional untuk Pertegas Identitas dan Kemajuan UMKM

Minggu, 16 Juli 2023 - 16:16 WIB
loading...
Sandiaga Uno Dorong Festival Reog Internasional untuk Pertegas Identitas dan Kemajuan UMKM
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menghadiri Festival Reog Nasional di Kabupaten Ponorogo. Foto/iNews TV/Ahmad Subekhi
A A A
PONOROGO - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menghadiri Festival Reog Nasional, yang digelar di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Kegiatan tahunan ini, diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.



Ada sebanyak 59 grup reog dari seluruh Indonesia, yang tampil diajang Festival Reog Nasional tersebut. Grup reog yang berasal dari Sumatera, Kalimantan, Jawa Barat, hingga Jawa Tengah tersebut, mampu menghadirkan tampilan terbaiknya.



Grup reog tersebut, dinilai oleh dewan juri untuk dipilih menjadi yang terbaik. Peniliaian dilakukan dengan melihat kekompakan menari, iringan musik, dan alur cerita. Nantinya akan dipilih satu pemenang, yang tentunya memiliki penilaian tertinggi dari dewan juri.



Sandiaga Uno sangat mengapresiasi festival reog yang sudah digelar sebanyak 28 kali tersebut. "Saya mendorong agar bisa digelar festival reog internasional, sehingga bisa diikuti oleh negara-negara yang memiliki grup reog," tuturnya.



Festival reog internaisonal tersebut, menurut Sandiaga Uno diharapkan dapat semakin menegaskan identitas reog sebagai kesenian khas Ponorogo, dan menjadi kekayaan budaya Nusantara. Selain itu, dapat mendorong kemajuan di sektor UMKM dan ekonomi masyarakat.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0908 seconds (0.1#10.140)