Hilang Sepekan, ABK KM Permata Maju Ditemukan Tewas di Selat Malaka

Minggu, 16 Juli 2023 - 11:23 WIB
loading...
Hilang Sepekan, ABK KM Permata Maju Ditemukan Tewas di Selat Malaka
Basarnas mengevakuasi mayat ABK KM Permata Maju di perairan Selat Malaka dekat Pelabuhan Belawan, Medan. Foto/Istimewa
A A A
MEDAN - Anak Buah Kapal (ABK) KM Permata Maju yang dinyatakan hilang saat melepas pukat ke laut di sekitar perairan Selat Malaka pada Minggu, 9 Juli 2023 kemarin akhirnya ditemukan.

ABK bernama Deddy Susilo (37) itu ditemukan pada Sabtu 15 Juli 2023 kemarin. Deddy ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dengan jasad mengapung sekitar 40 mil dari lokasi awal dilaporkan hilang.

Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono, mengatakan jasad korban pertama kali ditemukan oleh nelayan yang tengah mencari ikan di arah utara Pelabuhan Belawan. Penemuan itu kemudian dilaporkan ke Basarnas Medan.



“Sore sekitar Pukul 17.25 WIB kita menerima informasi terkait penemuam korban. Selanjutnya kita langsung kerahkan tim menuju lokasi untuk evakuasi korban menggunakan Kapal SAR RB 203,” kata Budiono, Minggu (16/7/2023).

Tim Basarnas, kata Budiono, tiba di lokasi penemuan mayat sekitar pukul 22.05 WIB. Tim pun langsung mengevakuasi korban.

”Korban kemudian dibawa menuju dermaga Pelabuhan Belawan dan tiba dini hari tadi sekitar pukul 01.00 WIB. Setibanya di Pelabuhan Belawan korban langsung diserahkan kepada pihak keluarga yang sudah menunggu di dermaga,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, ABK dari KM. Permata Maju bernama Deddy Susilo (37) hilang setelah terjatuh ke laut saat menurunkan pukat.



Kronologi kejadian bermula pada Minggu pagi (9 Juli 2023) sekitar pukul 02.35 WIB saat korban berjalan di sebelah kiri lambung kapal hendak menurunkan pukat ke laut untuk mencari ikan. Nahas, korban tiba-tiba terjatuh ke laut dan hilang.

Kemudian nakhoda kapal dan seluruh kru langsung melakukan pencarian namun tak kunjung ditemukan hingga akhirnya pada Senin, 10 Juli 2023 siang kejadian tersebut dilaporkan ke Kantor Basarnas Medan.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1084 seconds (0.1#10.140)