Para Santri Dukung Ajang MQKN Digelar 2 Tahun Sekali

Sabtu, 15 Juli 2023 - 22:07 WIB
loading...
Para Santri Dukung Ajang MQKN Digelar 2 Tahun Sekali
Santri yang menjadi finalis bersiap mengikuti di babak final MQKN 2023 di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan pada Minggu besok (16/7/2023). Foto/Ist
A A A
LAMONGAN - Nama-nama santri yang lolos menuju babak final ajang Musabaqah Qira’atil Kutub Nasional (MQKN) 2023 di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur diumumkan, Sabtu (15/7/2023) sore.

Para finalis yang lolos babak penyisihan sudah 'pasang kuda-kuda' untuk bersaing di babak final yang akan dihelat, Minggu besok (16/7/2023).



Salah satu calon finalis cabang Ushul Fiqih Laylatul Fajriyah (22), mahasantri Ma’had Aly Pondok Pesantren Salafiyyah Syafi’iyah, Sukorejo, Situbondo mengaku dia tidak menyangka bisa lolos jadi finalis di ajang nasional MQKN 2023.

“Alhamdulillah sangat bersyukur dan kaget banget bisa masuk final,” kata Laylatul, Sabtu (15/7/2023).

Saat ini Laylatul tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi babak final besok dengan melengkapi dan evaluasi atas kekurangannya di babak penyisihan sebelumnya. Menurutnya, kemarin dia kurang maksimal atas pendalaman mufrodat atau kosakatanya.

“Yang kemarin saya kurang mendalami mufrodat. Kemarin saya diberi pertanyaan apa bedanya lafaz ini dengan lafaz ini. Padahal sebenarnya, itu punya arti yang sama. Seperti kalau di Indonesia apa bedanya aku dan saya. Itu kan sama. Nah, kosakata bahasa Arab ini yang kurang. Harus saya pelajari sekarang,” kata mahasantri semester 8 itu.

Dia sangat bangga bisa mengikuti ajang MQKN 2023 ini. Dia pun bangga, karena bisa melihat langsung kualitas santri-santri di Indonesia yang diyakininya semakin meningkat. Dia berharap, rencana Kementerian Agama (Kemenag) sebagaimana disampaikan Dirjen Pendis Ali Ramdhani menggelar MQKN dia tahun sekali bisa terwujud. Selama ini MQKN digelar rutin tiga tahun sekali.



“Semoga MQKN yang rencananya akan diadakan dua tahun sekali, bisa terealisasi. Jadi bisa menjadi syiar ke Indonesia kalau santri itu sebenarnya luar biasa,” ujar mahasantri yang bercita-cita menjadi Duta Besarnya Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)