Wapres Ma’ruf Amin Dorong Pendirian PCC dan Penyiapan Tenaga Guru di Papua

Sabtu, 15 Juli 2023 - 16:14 WIB
loading...
Wapres Ma’ruf Amin Dorong Pendirian PCC dan Penyiapan Tenaga Guru di Papua
Wapres Ma’ruf Amin saat membuka Konferensi II Hari Pekabaran Injil (HPI) ke-168 PGGP se-Tanah Papua di Manokwari, Papua Barat, Sabtu (15/7/2023). Foto/iNews TV/Edy Siswanto
A A A
MANOKWARI - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap agar organisasi keagamaan dapat berkolaborasi dengan pemerintah untuk memajukan pembangunan dan kesejahteraan di Tanah Papua. Di antaranya melalui gagasan pendirian Papua Christian Centre (PCC).

"Saya minta kementerian/lembaga terkait dan pemda untuk secara intens berkolaborasi dengan PGGP (Persekutuan Gereja-Gereja Papua). Harapannya, PCC dapat berdiri di era Kabinet Indonesia Maju, sehingga akan berguna bagi kemuliaan rakyat Papua,” kata Wapres pembukaan Konferensi II Hari Pekabaran Injil (HPI) ke-168 PGGP se-Tanah Papua di Manokwari, Papua Barat, Sabtu (15/7/2023).



Lebih lanjut Wapres menyampaikan, ke depan PCC memegang peran strategis sebagai jembatan penghubung antara pemerintah dengan masyarakat.

Khususnya di tengah keragaman dan juga perubahan tata kelola pemerintahan yang terjadi di Papua. PCC serta pemuka agama dan gereja juga menjadi faktor krusial dalam menjaga toleransi dan saling menghargai di masyarakat.

“Para pendeta dan tokoh agama, khususnya tidak hanya mengajarkan kesalehan individual, agar umat dekat dengan Tuhan, tetapi juga kesalehan sosial, agar rakyat Papua mendapatkan pelayanan sosial, termasuk pendidikan dan ekonomi,” tutur Wapres.

Ma'ruf Amin menyebut, berbagai sentra pendidikan yang dikelola lembaga-lembaga keagamaan telah melahirkan tokoh dan generasi Papua yang berkarya di berbagai sektor pembangunan.



Saat ini, lanjut Wapres, rencana untuk menjadikan lembaga pendidikan gereja (Sekolah Tinggi Teologia) sebagai tempat pendidikan guru sedang dalam proses pembicaraan di tingkat pusat dan tidak akan lama lagi akan bisa terlaksana.

“Walaupun kini telah ada 6 provinsi, tapi saya yakin, prinsip Kitorang Papua sebagai satu kesatuan kultural di atas Tanah Papua akan mampu menjadi fondasi yang solid dalam satu kesatuan langkah demi meraih kesejahteraan bangsa,” tandasnya.

Ma'ruf Amin juga mengapresiasi seluruh aksi nyata yang telah dilakukan oleh para pemuka agama dan gereja-gereja di Papua dalam mengawal kesejahteraan masyarakat. Ke depan, dia berharap kontribusi nyata ini dapat terus dilanjutkan untuk kemajuan Papua pada khususnya, dan negara pada umumnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PGGP, pimpinan Sinode, dan para Gembala yang telah melayani tanpa pamrih demi kemajuan, kemanusiaan, dan kedamaian di Tanah Papua,” imbuh Wapres.

pembukaan Konferensi II Hari Pekabaran Injil (HPI) ke-168 PGGP se-Tanah Papua di Manokwari dihadiri Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw, Ketua Umum PGGP Papua Barat Pdt Sherly Parinussa, Ketua Umum PGGP Papua Pdt Hiskia Rollo, dan para perwakilan dari lembaga keagamaan di Provinsi Papua Barat.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)