Jaga Ekosistem Laut, Nelayan Ganjar Edukasi Alat Tangkap Ramah Lingkungan

Sabtu, 15 Juli 2023 - 11:21 WIB
loading...
Jaga Ekosistem Laut, Nelayan Ganjar Edukasi Alat Tangkap Ramah Lingkungan
Relawan KNP Sulsel mengajak para pelaut untuk ikut menjaga kelestarian ekosistem lingkungan laut di Pulau Barrang Lompo, Kota Makassar, Jumat (14/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Relawan Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Sulsel mengajak para pelaut untuk ikut menjaga kelestarian ekosistem lingkungan laut. Mereka menggelar edukasi kepada para nelayan di Pulau Barrang Lompo, Kota Makassar.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan edukasi buat masyarakat kepulauan Barrang Lompo untuk lebih menggunakan alat tangkap secara ramah lingkungan," kata Korwil KNP Sulsel Indra Gunawan Pulau Barrang Lompo, Kelurahan Ujung Tanah, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Kota Makassar, Jumat (14/7/2023).

Di dalam laut, ikan-ikan itu membutuhkan lingkungan yang sehat, dari mulai air hingga terumbu karangnya. Ekosistem laut itu pun dinilai rentan rusak akibat penangkapan ikan yang salah.

Beberapa cara menangkap ikan yang merusak lingkungan di antaranya seperti menggunakan pukat hingga bahan peledak. Sayangnya praktik tersebut diakui masih banyak dilakukan oleh oknum nelayan di daerahnya.

Para relawan Ganjar Pranowo merasa tergerak menyadarkan para nelayan yang masih menggunakan teknik dan alat tangkap ikan yang merusak lingkungan. Para peserta diajak untuk tidak hanya mengejar hasil tangkapan ikan. Mereka diajak juga ikut memikirkan dampaknya terhadap ekosistem laut dengan memilih alat yang ramah lingkungan.

"Alat tangkap yang ramah lingkungan itu alat tangkap yang tidak merusak ekosistem yang lain. Karena, ada beberapa alat tangkap itu yang bisa merusak terumbu karang dan hewan-hewan lain yang ada di laut," tandasnya.

Ppara relawan juga mengenalkan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 melalui keberhasilannya menjadi gubernur Jawa Tengah. Indra mengakui kegiatan KNP selama ini memang terinspirasi dari program Ganjar yang telah berkontribusi dalam pelestarian lingkungan laut di Jawa Tengah.

Di Pulau Barrang Lompo dihuni 5.000 orang. Dari jumlah itu, sekitar 80-90% di antaranya yang berprofesi sebagai nelayan.

Muh Adnan, seorang nelayan muda mengatakan, ikan yang banyak diburu para nelayan satunya cumi-cumi. Setelah mengikuti kegiatan kali ini, dia berjanji untuk menggunakan alat pancing manual yang lebih ramah lingkungan.

"Kegiatan ini sangat positif. Dengan adanya kegiatan ini para nelayan di sini lebih mengetahui tentang alat tangkap yang ramah lingkungan dan tidak merusak ekosistem laut seperti merusak terumbu karang dan lain sebagainya," tuturnya.

Adnan pun menitipkan harapannya untuk Ganjar apabila terpilih menjadi Presiden 2024. "Semoga Pak Ganjar lebih memperhatikan perhatian nelayan di sini," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)