Sumatera Utara Bakal Jadi Basis Produksi Pangan

Kamis, 13 Juli 2023 - 22:12 WIB
loading...
Sumatera Utara Bakal Jadi Basis Produksi Pangan
Presentasi hasil panen bawang merah dan penanaman bawang putih dilaksanakan di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Foto/Ist
A A A
HUMBANG HASUNDUTAN - Sumatera Utara bakal jadi basis produksi pangan setelah proyek produksi dan pemasaran bawang merah dan bawang putih mulai panen perdana. Proyek ini merupakan kerja sama Taipei Economic and Trade in Indonesia (TETO) melalui Taiwan Technical Mission in Indonesia (TTM) bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Presentasi hasil panen bawang merah dan penanaman bawang putih dilaksanakan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Kegiatan dihadiri Deputi Menteri Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Nani Hendiarti; Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor; Duta Besar Taiwan untuk Indonesia, John Chen; serta perwakilan TETO.



Mereka bersama-sama menyaksikan hasil yang luar biasa dari area percontohan seluas 5 hektare.

Nani Hendiartu menyampaikan terima kasih atas dukungan TTM kepada Sumatera Utara sebagai basis produksi pangan dan dapat mempromosikan pengalaman serta hasil budidaya yang sukses kepada petani lokal.

"Serta mereplikasi pengalaman sukses ini ke lebih banyak basis produksi pangan lainnya," ujarnya dikutip Kamis (13/7/2023).

Sedangkan Bupati Dosmar Banjarnahor menyampaikan, pihaknya akan terusbmenjaga komunikasi yang baik dengan tim TTM.



"Selain itu akan menyediakan semua sumber daya relevan yang dibutuhkan tim, seperti mesin pertanian skala besar, bersama-sama saling membantu mengembangkan pertanian lokal," sebutnya.

Sementara itu, John Chen menyampaikan bahwa TTM telah berada di Indonesia selama 47 tahun dan telah menjejakkan kaki keberbagai daerah di Indonesia, seperti Jawa, Bali, dan Sulawesi.

"Tahun ini adalah perdana melaksanakan proyek di Sumatera Utara. Terima kasih kepada Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, pemerintah daerah dan masyarakat setempat yang telah bersedia menyiapkan lahan untuk dijadikan basis percontohan," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2706 seconds (0.1#10.140)