Relawan Ganjar Edukasi Pelestarian Terumbu Karang di Teluk Kiluan

Minggu, 09 Juli 2023 - 13:42 WIB
loading...
Relawan Ganjar Edukasi Pelestarian Terumbu Karang di Teluk Kiluan
Relawan KNP Lampung memberikan perhatian khusus pada pelestarian ekosistem terumbu karang di Teluk Kiluan, Kabupaten Tanggamus. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TANGGAMUS - Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Lampung memberikan perhatian khusus pada pelestarian ekosistem terumbu karang di Teluk Kiluan, Kabupaten Tanggamus. Mereka mengadakan edukasi dan penanaman terumbu karang diikuti pemberian bantuan kaca mata selam bagi para nelayan

"Jadi tujuannya bagaimana mengedukasi warga di sini. Memberikan mereka pengetahuan betapa pentingnya menjaga ekosistem laut. Terutama, dari terumbu karang itu sendiri," kata Korwil KNP Lampung Miftahul Lutvi di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Sabtu (8/7/2023).

Pada kesempatan itu, mereka turut memperkenalkan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 kepada warga setempat, khususnya para nelayan. Lutvi mengakui kepedulian kelompoknya terhadap pelestarian lingkungan Teluk Kiluan itu terinspirasi Ganjar Pranowo yang peduli terhadap kaum nelayan Jawa Tengah.

Terumbu karang tak hanya berfungsi sebagai rumah bagi berbagai jenis ikan. Keberadaanya juga menjadi daya tarik pariwisata bagi wisatawan dalam dan luar negeri.

Teluk Kiluan dikenal luas lantaran banyak lumba-lumba dan paus yang kerap muncul ke permukaan laut. Keindahan alam bawah lautnya menjadi tujuan olahraga selam bagi para pengunjung.

Untuk itu, keberadaan terumbu karang pun perlu ditambah. "Untuk manfaat terumbu karang, yang pertama itu menjaga ekosistem laut. Sehingga, ketika ekosistem laut terjaga maka hewan yang ada di laut akan terjaga ataupun ada pertumbuhan dari hewan-hewan yang lainnya. Sehingga, mereka tidak kehilangan rumah karena terumbu karang ini termasuk rumah bagi para penghuni laut," tuturnya.

Pelestarian lingkungan yang dilakukan secara konsisten diharapkan akan menambah populasi ikan sehingga hasil tangkapan nelayan pun menjadi lebih banyak lagi. Melihat manfaatnya yang besar bagi pelestarian lingkungan hingga perekonomian setempat, warga pun antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang digagas para sukarelawan KNP Lampung kali ini.

Kegiatan kali ini diawali dengan pengambilan bibit terumbu karang dari dasar laut oleh sejumlah anggota KNP Lampung bersama warga. Bibit terumbu karang itu pun dipotong dalam ukuran kecil-kecil.

Selanjutnya bibit terumbu karang diikat pada kerangka berbentuk segi empat yang terbuat dari rangkaian pipa air. Selain pipa, kerangka tersebut juga bisa dibuat dari bahan besi.

Terakhir, bibit terumbu karang diangkut perahu dan ditenggelamkan kembali ke dasar laut yang belum banyak memiliki terumbu karangnya. Lutvi mengatakan, terumbu karang yang ditanam akan berkembang dalam beberapa tahun ke depan.

Salah seorang warga Desa Kiluan Negeri, Johan mengapresiasi inisiatif para relawan KNP Lampung karena tujuan dan manfaatnya yang akan dirasakan langsung oleh warga. "Jadi sangat positif sekali," ujarnya.

Selain itu, Johan turut menyampaikan dukungan dan harapannya untuk Ganjar Pranowo. "Harapannya untuk Pak Ganjar supaya nanti kedepannya lebih intensif memperhatikan kami yang mempunyai lingkungan terumbu karang ini di daerah konservasi ini," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0918 seconds (0.1#10.140)