Terdampak Gempa Bantul, Pemprov Jateng Gerak Cepat Tangani Kerusakan

Sabtu, 01 Juli 2023 - 14:28 WIB
loading...
Terdampak Gempa Bantul, Pemprov Jateng Gerak Cepat Tangani Kerusakan
Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 yang terjadi di barat daya Bantul, DIY pada Jumat (30/6/2023) malam berdampak hingga di wilayah Jawa Tengah. Foto/Antara
A A A
SEMARANG - Bencana gempa berkekuatan magnitudo 6,6 yang terjadi di barat daya Bantul, DIY padaJumat (30/6/2023) malam berdampak hingga di wilayah Jawa Tengah. Saat ini, provinsi yang dipimpin Gubernur Ganjar Pranowo tersebut bergerak cepat melakukan assesment dan penanganan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, Bergas Catursasi mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih terus melakukan assesment dan penanganan dampak gempa di Bantul.



"Kami sudah berkoordinasi dengan relawan dan BPBD setempat untuk memastikan kondisi di lapangan," ujarnya, Sabtu (1/7/2023).

Ia menambahkan, data yang dilaporkan ada sebanyak 11 kabupaten di Jawa Tengah yang terdampak gempa yang terjadi sekitar pukul 19.57 WIB tersebut. Yakni Kebumen, Wonogiri, Purworejo, Purbalingga, Wonosobo, Magelang, Kabupaten Tegal, Banyumas. Kemudian Banjarnegara, Grobogan, Klaten, dan Brebes.

"Dari laporan yang masuk, Wonogiri dilaporkan paling parah terdampak. Namun, kami terus melakukan koordinasi dengan daerah," ungkapnya.

Secara rinci, ia menyebutkan di Wonogiri ada 66 rumah milik warga dilaporkan mengalami rusak ringan, tiga bangunan sekolah rusak berat yakni SMPN 1 Paranggupito, SMK Pariwisata Pracimantoro, dan SMK 1 Giriloyo.


Selain itu, satu tempat ibadah di Wonogiri juga dilaporkan mengalami rusak berat dan dua bangunan lainnya mengalami rusak sedang.

"Untuk saat ini, kami sudah mengirim bantuan logistik ke Wonogiri," imbuhnya.

Diterangkannya, untuk kerusakan bangunan fasilitas umum yang menjadi kewenangan Pemprov, akan dilakukan penanganan cepat menggunakan Dana Tak Terduga (DTT).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)