Sasar 6.351 Mustahik di Bontang, BPUI Salurkan 146 Hewan Kurban

Jum'at, 30 Juni 2023 - 23:22 WIB
loading...
Sasar 6.351 Mustahik di Bontang, BPUI Salurkan 146 Hewan Kurban
Badan Pembinaan Umat Islam (BPUI) Yayasan Baiturrahman menyalurkan 146 hewan kurban yang terdiri dari 101 sapi dan 45 kambing pada perayaan Idul Adha 1444 Hijriah. Foto ist
A A A
BONTANG - Badan Pembinaan Umat Islam (BPUI) Yayasan Baiturrahman menyalurkan 146 hewan kurban yang terdiri dari 101 sapi dan 45 kambing pada perayaan Idul Adha 1444 Hijriah. Ratusan hewan kurban ini merupakan bantuan dari PT Pupuk Kaltim dan disalurkan melalui BPUI.

Ketua Panitia Idul Adha BPUI Pupuk Kaltim Julianta mengatakan bahwa para muqorrib berasal dari jajaran Direksi, manajemen, karyawan Pupuk Kaltim beserta keluarga besar perusahaan, dan masyarakat sekitar.

"Penyaluran hewan kurban ditandai penyerahan sapi kurban Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi, diwakili Direktur Keuangan dan Umum Qomaruzzaman, kepada panitia BPUI Pupuk Kaltim di halaman parkir Masjid Raya Baiturrahman, Kamis (29/6/2023)," ujar Julianta.

Julianta menyampaikan bahwa tahun ini bursa hewan kurban digelar secara offline dan online selama tiga hari, yakni pada 26-28 Juni 2023.

"Proses penerimaan hewan kurban dari muqorrib dilakukan BPUI Pupuk Kaltim melalui tiga Masjid, yakni Masjid Baiturrahman sebanyak 46 sapi dan 33 kambing, lalu Masjid Fathul Khoir 36 sapi dan 8 kambing, serta Masjid Al Furqon masing-masing 19 sapi dan 4 kambing," bebernya.

Menurutnya, jumlah hewan kurban meningkat dari tahun sebelumnya dengan total 146 ekor. "Begitu pula dengan mustahik penerima manfaat. Selain itu BPUI juga telah memastikan kesehatan seluruh hewan kurban, sebagai bentuk pencegahan terhadap penyakit mulut dan kuku (PMK)," tandas Julianta.

Dijelaskannya, mustahik pada Iduladha tahun ini menyasar 6.351 kepala keluarga di Kota Bontang, dengan proses pendistribusian melalui enam Masjid di kawasan Pupuk Kaltim.

"Diantaranya Masjid Raya Baiturrahman, Al Furqon, Fathul Khoir, Al Mubarak, Al Ikhlas dan Al Jabar. Para mustahik tersebar di Kelurahan Belimbing, Telihan, Kanaan, Loktuan, Guntung, Bontang Kuala, Gunung Elai dan Api-Api. Lalu Pulau Gusung dan Sempayang, Kampung Sidrap, Jalan Pipa serta jalan poros Bontang-Sangatta," rinci Julianta.

Untuk menghindari tumpang tindih, lanjut dia, sebagian daging kurban juga didistribusikan melalui masjid maupun lembaga yang mengajukan permintaan kepada BPUI Pupuk Kaltim.

Penyaluran bekerjasama dengan unit kerja Pupuk Kaltim seperti Departemen Komunikasi Korporat, Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), JVC, anak perusahaan dan mitra kerja Pupuk Kaltim lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3440 seconds (0.1#10.140)