TPID Pangkep Sidak Pasar, 3 Komoditi Pangan Alami Lonjakan Harga

Selasa, 27 Juni 2023 - 11:51 WIB
loading...
TPID Pangkep Sidak Pasar, 3 Komoditi Pangan Alami Lonjakan Harga
Dua hari menjelang perayaan Iduladha, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel) memeriksa stok dan harga barang di sejumlah pasar tradisional. Foto SINDOnews
A A A
PANGKEP - Dua hari menjelang perayaan Iduladha, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel) memeriksa stok dan harga barang di sejumlah pasar tradisional. Sejumlah pedagang mengaku ada kenaikan harga khusunya komoditas bumbu dapur.



Salah satu lokasi pasar yang dilakukan sidak yakni pasar sentral Pangkajenne, di Kecamatan Pangkajenne, Kabupaten Pangkep, Selasa 27 Juni 2023. Komoditas yang alami kenaikan harga, diantaranya bawang putih, bawng merah dan cabai.
Pemeriksaan TPID Pangkep, bumbu dapur seperti bawang merah dan bawang putih naik tipis saat ini dijual seharga Rp 40 ribu per kilogram.

Sekertaris Dearah Kabupaten Pangkep, Hj.Suriani A memimpin sidak TPID Pangkep ke pasar Sentral Pangkajene, Kabupaten Pangkep bersama elemen Forkopimda setempat.

Alhasil, stok saat ini menurutnya tersedia mencukupi. Menurutnya, harga dan stok stabil dikarenakan permintaan masih berimbang dengan ketersediaan pasar.

"Jadi hasil pemantauan tadi ada beberapa komoditi bahan pokok yang alami kenaikan, seperti cabai, bawang, telur dan daging ayam, kenaikan tersebut dinilai wajar terjadi mendekati lebaran sebab permintaan meningkat," ujarnya saat ditemui seusai Sidak, Selasa (27/6/2023).

Ia mengatakan, meski mengalami kenaikan namun stok bahan pangan menjelang Iduladha dipastikan stabil. "Alhamdulillah untuk stok bahan pangan sampai idul adha nantinya saya kira sangat mencukupi alis tersedia," tambahnya.

Rata-rata pedagang di pasar menyampaikan ketersediaan barang masih memadai. Khususnya komoditas pangan seperti ayam potong juga melimpah di pasaran.

Berbagai upaya pun telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Pangkep guna menstabilakan harga bahan pokok menjelang idul adha, seperti melakukan sidak di pasar dan pelaksanaan pasar murah.

Sementara itu salah seorang pedagang Muhammad Safrimengaukui sejumlah komoditi yang dijualnya mengalami kenaikan. Seperti telur ayam dan bawang.
"Mendekati lebaran ini sejumlah komoditi yang saya jual sudah mengalami kenaikan harga, seperti bawang merah dari Rp30 ribu kini naik 38 ribu per kilogram, bawang putih sebelumnya Rp35 ribu kini naik Rp40 ribu, telur ayam dari Rp50 ribu naik Rp57 ribu," tuturnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)