Unpad Mulai Sesuaikan Uang Kuliah Mahasiswa Terdampak Pandemi

Minggu, 26 Juli 2020 - 10:59 WIB
loading...
Unpad Mulai Sesuaikan Uang Kuliah Mahasiswa Terdampak Pandemi
Universitas Padjadjaran (Unpad) mulai melakukan penyesuaian uang kuliah tunggal (UKT) kepada 1.241 mahasiswa. Foto/Ilustrasi
A A A
BANDUNG - Universitas Padjadjaran (Unpad) mulai melakukan penyesuaian uang kuliah tunggal (UKT) kepada 1.241 mahasiswa. Jumlah tersebut bisa terus bertambah, sebagai respons universitas atas kesulitan ekonomi mahasiswa akibat pandemi COVID-19.

(Baca juga: Pengungsi Korban Banjir Wajo Terlantar dan Kedinginan )

Saat ini, Unpad malah terus melakukan proses validasi dan verifikasi kepada mahasiswa yang melakukan pengajuan penyesuaian UKT. "Proses validasi dan verifikasi masih akan berlangsung sampai dengan tanggal 29 Juli 2020, untuk membereskan pengajuan mahasiswa yang belum disetujui," ujar Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Unpad Ida Nurlinda.

Tercatat, ada 1.390 pengajuan yang masih dalam proses di fakultas, serta terdapat 492 pengajuan yang telah divalidasi fakultas dan masih dalam proses validasi serta verifikasi oleh pihak rektorat. Sisanya, 92 pengajuan masih dilakukan penundaan.

Secara total, jumlah mahasiswa yang mengajukan penyesuaian UKT di Unpad ada 3.939 mahasiswa. Namun, 724 di antaranya tidak jadi mengajukan karena berbagai alasan.

(Baca juga: Kakek 67 Tahun di Kebumen 5 Kali Setubuhi Gadis 14 Tahun )

Dalam keterangan resminya, penyesuaian UKT sesuai Keputusan Rektor Nomor 560/UN6.RKT/Kep/HK/2020 tentang Penyesuaian Pembayaran UKT Bagi Mahasiswa Unpad pada Semester Ganjil 2020/2021. Penyesuaian UKT dapat diperoleh mahasiswa dalam bentuk pembayaran UKT secara mengangsur, penundaan UKT, pengurangan UKT atau perubahan kelompok UKT.

Direktur Keuangan dan Tresuri Unpad Edi Jaenudin memaparkan, Unpad telah membentuk Kelompok Kerja khusus menangani penyesuaian UKT ini. Di dalamnya ada perwakilan BEM Kema dan BEM Fakultas.

"Unpad sudah melaksanakan penyesuaian UKT ini sejak Jumat (24/7), dan sampai hari ini tidak ada yang bermasalah. Untuk mahasiswa yang sudah disetujui, besaran UKT yang telah disesuaikan akan tertera di laman students.unpad.ac.id. Bahkan hari ini, sudah ada mahasiswa yang melakukan pembayaran sesuai dengan besaran UKT baru," ujar Edi Jaenudin.

(Baca juga: Bupati Bolmong Tetapkan Status Tanggap Darurat 14 Hari )

Edi menambahkan, batas waktu pendaftaran juga sempat diperpanjang dari 17 Juli menjadi 20 Juli 2020. Mahasiswa yang belum bisa mengajukan pengajuan melalui laman students.unpad.ac.id hingga batas akhir tersebut, masih diberi kesempatan mengajukan melalui mekanisme penjaringan BEM Kema dan BEM Fakultas. Data tersebut selanjutnya disampaikan ke fakultas masing-masing atau ke rektorat.

"Jika mahasiswa kesulitan dengan persyaratan atau berbagai prosedur lainnya, maka bisa mengajukan permohonan bantuan UKT yang berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Proses penjaringan dan verifikasi awal dilakukan oleh BEM Kema dan BEM Fakultas," jelas Edi.

Pengajuan bantuan UKT Kemendikbud dapat dilakukan hingga 31 Juli 2020. Proses verifikasi dan seleksi akan dilakukan pada 1-4 Agustus 2020, dan pengumuman dilakukan 5 Agustus 2020.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)