2 Tim Brimob Dikerahkan Evakuasi Korban Pesawat SAM Air Jatuh di Papua Pegunungan

Sabtu, 24 Juni 2023 - 12:28 WIB
loading...
2 Tim Brimob Dikerahkan Evakuasi Korban Pesawat SAM Air Jatuh di Papua Pegunungan
Pesawat milik maskapai PT. Semuwa Aviasi Mandiri atau SAM Air jatuh sekitar 12 km dari arah bandara Udara Elelim menuju Distrik Welarek Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan
A A A
JAYAPURA - Polda Papua mengerahkan 25 anggota Brimob dari Wamena untuk mengevakuasi korban jatuhnya pesawat PT. Semuwa Aviasi Mandiri atau SAM Air. Pesawat jenis Cessna 208 Caravan 675 PK-SM tersebut jatuh sekitar 12 KM dari arah bandara Udara Elelim menuju Distrik Welarek Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan, Jumat (23/6/2023).

Wakapolda Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat mengatakan, terkait proses evakuasi korban jatuhnya pesawat SAM Air jenis Cessna 208 Caravan 675 PK-SMW, kita sudah koordinasi dengan pihak bandara, Sam Air juga Basarnas, disepakati disiapkan Brimob dari Wamena dan dibantu anggota Polres Yalimo yang akan membantu untuk proses evakuasi.

"Nantinya, proses evakuasi ini digunakan peralatan dari Basarnas. Muda-mudahan hari ini bisa dievakuasi dan berharap para korban selamat," terang Ramdani kepada awak media, Sabtu (24/6/2023).

Baca juga: Mencekam! Detik-detik Pesawat Semawa Air Jatuh di Hutan Papua Pegunungan Usai 7 Menit Take Off

Untuk penyebab jatuhnya pesawat, kata Hidayat, belum bisa memberikan keterang. Karena belum dilakukan evakuasi, nanti setelah evakuasi, dilakukan olah TKP barulah disampaikan penyebabnya.

Diberitakan pesawat milik maskapai PT. Semuwa Aviasi Mandiri atau SAM Air jenis Cessna 208 Caravan 675 PK-SMW yang dilaporkan hilang kontak di Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan, Jumat (23/06/2023).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut dan mengatakan pesawat yang dipiloti Hari Permadi dan Kopilot bernama Levi Murib, membawa empat penumpang hilang kontak yang sebelumnya take off dari Bandara Elelim dengan tujuan Kampung Poik Distrik Welarek Kabupaten Yalimo.

“Pukul 11.10 Wit, pesawat SAM Air take off di Bandara Elelim, namun hingga sampai sampai pukul 12.20 wit, pesawat belum juga mendarat di Distrik Poik,” jelas Kabid Humas.

Lebih lanjut, Kabid Humas mengatakan bahwa Helikopter dari Bandara Wamena telah diberangkatkan untuk mengecek dan sudah ditemukan puing pesawat 12 kilometer arah timur Bandara Elelim serta dipastikan pesawat hancur.

“Pesawat jatuh 12 KM dari arah Bandar Udara Elelim menuju Poik Distrik Welarek Kab. Yalimo dan saat ini Kapolres Yalimo telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk upaya evakuasi pesawat SAM Air yang jatuh tersebut,” tandasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)